PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE STAD(STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION) TERHADAP HASIL BELAJAR CHEST PASS BOLA BASKET PADA SISWA KELAS XI IPS 3 SMA NEGERI 5 SURAKARTA

Agusta, Rophul Cahya Tri (2014) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE STAD(STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION) TERHADAP HASIL BELAJAR CHEST PASS BOLA BASKET PADA SISWA KELAS XI IPS 3 SMA NEGERI 5 SURAKARTA. Other thesis, universitas sebelas maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (167Kb) | Preview

    Abstract

    Rophul Cahya Tri Agusta. PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE STAD (STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR CHEST PASS PADA SISWA KELAS XI IPS 3 SMA NEGERI 5 SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2012/2013. Skripsi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta. Maret 2013. Penelitian ini bertujuan Untuk meningkatkan hasil belajar chest pass siswa siswi kelas XI IPS 3 SMA Negeri 5 Surakarta tahun 2012/2013 dengan penerapan model pembelajaran cooperative learning tipe STAD (student team achievement division). Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI IPS 3 SMA N 5 Surakarta yang berjumlah 32 siswa yang terdiri dari 13 siswa putra dan 19 siswa putri. Sumber data dalam penelitian ini berasal dari guru dan siswa. Teknik pengumpulan data adalah dengan observasi dan penilaian hasil belajar chest pass.Analisis data menggunakan teknik deskriptif yang didasarkan pada analisis deskripsi kualitatif dengan prosentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui penerapan model pembelajaran cooperative learning tipe STAD (student team achievement division) dapat meningkatkan hasil belajar belajar chest pass dari pra tindakan ke siklus I dan dari siklus I ke siklus II.Dari hasil analisis yang diperoleh peningkatan yang signifikan dari pratindakan ke siklus I dan dari siklus I ke siklus II. Pada pratindakan, siswa belum menunjukan hasil belajar yang baik, dengan kategori baik 31,3% atau 10 siswa dari 32 siswa, cukup prosentase 21,9 % atau 7 siswa dari 32 siswa, kategori kurang dengan prosentase 46,9 % atau 15 siswa dari 32 siswa. Pada siklus I Sangat Baik dengan prosentase 18,8% atau 6 siswa dari 32 siswa, Baik dengan prosentase 34,4% atau 11 siswa dari 32 siswa, Cukup dengan prosentase 15,6% atau 5 siswa dari 32 siswa, Kurang dengan prosentase 25% atau 8 siswa dari 32 siswa, Sangat Kurang dengan prosentase 6,3% atau 2 siswa dari 32 siswa, dari data tersebut bisa di dapat ada Sejumlah 17 siswa telah mencapai kriteria Tuntas sedangkan 15 siswa Tidak Tuntas. Pada siklus II menunjukan hasil belajar chest pass bola basket siswa kelas XI IPS 3 SMA Negeri 5 Surakarta Tahun Ajaran 2012 / 2013 setelah diberikan Tindakan II adalah Sangat Baik 53,1% atau 17 siswa dari 32 siswa ; Baik 28,1% atau 9 siswa dari 32 siswa; Cukup 15,63% atau 5 siswa dari 32 siswa ; Kurang 3,13% atau 1 siswa dari 32 siswa; Sangat Kurang 0%. Sehingga dari data tersebut dapat diketahui bahwa 26 Siswa mencapai kriteria Tuntas sedangkan 6 siswa Tidak Tuntas dengan jumlah murid 32 siswa. Pelaksanaan tindakan pada siklus I dan siklus II menimbulkan terjadinya proses pembelajaran yang aktif, efektif, efisien dan menyenangkan sehingga dapat mendukung terjadinya suatu pembelajaran yang berkualitas. Simpulan dari penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran cooperative learning tipe STAD (student team achievement division) dapat meningkatkan hasil belajar chest pass bola basket pada siswa kelas XI IPS 3 SMA N 5 Surakarta tahun ajaran 2012 / 2013. Kata kunci : model pembelajaran cooperative learning tipe STAD (student team achievement division) dan hasil belajar chest pass bola basket.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Depositing User: Mohammad Fatchurrohman
    Date Deposited: 16 Apr 2014 06:01
    Last Modified: 16 Apr 2014 06:01
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/11343

    Actions (login required)

    View Item