UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN AKUNTANSI DENGAN MENERAPKAN MODEL KOOPERATIF TIPE TGT (TEAMS GAMES TOURNAMENTS) DENGAN MEDIA PERMAINAN PUZZLE BAGI SISWA KELAS X AKUNTANSI 2 SMK NEGERI 1 BANYUDONO TAHUN PELAJARAN 2012/2013

Wicaksono, Herman Rudi (2014) UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN AKUNTANSI DENGAN MENERAPKAN MODEL KOOPERATIF TIPE TGT (TEAMS GAMES TOURNAMENTS) DENGAN MEDIA PERMAINAN PUZZLE BAGI SISWA KELAS X AKUNTANSI 2 SMK NEGERI 1 BANYUDONO TAHUN PELAJARAN 2012/2013. Other thesis, universitas sebelas maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (1216Kb) | Preview

    Abstract

    Herman Rudi Wicaksono. UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN AKUNTANSI DENGAN MENERAPKAN MODEL KOOPERATIF TIPE TGT (TEAMS GAMES TOURNAMENT) DENGAN MEDIA PERMAINAN PUZZLE BAGI SISWA KELAS X AKUNTANSI 2 SMK NEGERI 1 BANYUDONO TAHUN PELJARAN 2012/2013. Skripsi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta. April 2013. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan prestasi belajar mata pelajaran akuntansi siswa kelas X SMK Negeri 1 Banyudono melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) dengan media permainan puzzle. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian dilaksanakan dalam tiga siklus di mana masing-masing siklus dilalui dengan empat tahapan, yaitu (1) perencanaan; (2) pelaksanaan; (3) observasi; (4) refleksi. Subjek penelitian ini adalah adalah siswa kelas X akuntansi 2 SMK Negeri 1 Banyudono tahun pelajaran 2012/2013. Sumber data diperoleh dari tempat, aktivitas, dan dokumen. Pengumpulan data diperoleh melalui observasi, tes dan dokumentasi. Uji validitas data menggunakan triagulasi, expert opinion, dan key respondent review. Analisa data menggunakan reduksi data, paparan data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) dengan media permainan puzzle dapat meningkatkan prestasi belajar akuntansi siswa. Hal ini terbukti dengan faktafakta bahwa prosentase prestasi belajar siswa pada pratindakan sebesar 29,41%, siklus I meningkat menjadi 71,43%, siklus II meningkat menjadi 93,94%, dan siklus III meningkat menjadi 100%. Simpulan dari penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) dengan media permainan puzzle dalam proses pembelajaran akuntansi dapat meningkatkan prestasi belajar siswa kelas X Akuntansi 2 SMK Negeri 1 Banyudono tahun pelajaran 2012/2013. Kata kunci: model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT), media permainan puzzle, prestasi belajar, akuntansi

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Depositing User: Mohammad Fatchurrohman
    Date Deposited: 16 Apr 2014 05:48
    Last Modified: 16 Apr 2014 05:48
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/11338

    Actions (login required)

    View Item