PENERAPAN METODE DRILL (LATIHAN) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGGAMBAR ILUSTRASI PADA PELAJARAN SENI BUDAYA DI KELAS VIIIA SMP MUHAMMADIYAH 6 PLUPUH SRAGEN TAHUN AJARAN 2012/2013

Irfan A, Muhammad (2014) PENERAPAN METODE DRILL (LATIHAN) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGGAMBAR ILUSTRASI PADA PELAJARAN SENI BUDAYA DI KELAS VIIIA SMP MUHAMMADIYAH 6 PLUPUH SRAGEN TAHUN AJARAN 2012/2013. Other thesis, universitas sebelas maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (310Kb) | Preview

    Abstract

    Muhammad Irfan A. PENERAPAN METODE DRILL (LATIHAN) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGGAMBAR ILUSTRASI PADA PELAJARAN SENI BUDAYA DI KELAS VIIIA SMP MUHAMMADIYAH 6 PLUPUH SRAGEN TAHUN AJARAN 2012/2013, Skripsi. Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta.2013. Tujuan penelitian adalah meningkatkan kemampuan menggambar ilustrasi pada pelajaran seni budaya melalui metode drill (latihan) pada siswa kelas VIIIA SMP Muhammadiyah 6 Plupuh Tahun Ajaran 2012/2013 Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan subyek peneliti adalah siswa kelas VIIIA SMP Muhammadiyah 6 Plupuh tahun ajaran 2012/2013 yang berjumlah 34 (tiga puluh empat) siswa. Subyek pelaksana tindakan kelas adalah peneliti yang menjadi guru disekolah tersebut. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 (dua) siklus. Setiap siklus terdiri dari 4 tahapan, yaitu: perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi / pengamatan, dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Agustus sampai bulan Desember 2012. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi, pencatatan arsip dan dokumen, dan tes. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik deskriptif komparatif dan teknik analisis kritis yang berkaitan dengan proses belajar-mengajar. Hasil penelitian tindakan kelas ini menunjukkan adanya peningkatan kemampuan menggambar ilustrasi pada kelas VIIIA SMP Muhammadiyah 6 Plupuh. Pada siklus I siswa yang memenuhi indikator ketercapaian 50% sebesar 50% dan pada siklus II meningkat menjadi 80 %. Dari hasil tindakan tersebut dapat disimpulkan bahwa pembelajaran menggambar ilustrasi pada mata pelajaran seni budaya siswa kelas VIIIA SMP Muhammadiyah 6 Plupuh Tahun Ajaran 2012/2013 dengan menggunakan metode drill (latihan) dapat meningkat. Kata Kunci: metode drill (latihan), menggambar, ilustrasi, seni budaya, penelitian

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Depositing User: Mohammad Fatchurrohman
    Date Deposited: 16 Apr 2014 05:12
    Last Modified: 16 Apr 2014 05:12
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/11324

    Actions (login required)

    View Item