STUDI TENTANG PUTUSAN PERCERAIAN YANG MENETAPKAN AYAH SEBAGAI WALI ANAK DI BAWAH UMUR (Analisis Putusan Nomor : 85/Pdt.G/2012/PN.SKA)

Aini, Latifah Nur (2014) STUDI TENTANG PUTUSAN PERCERAIAN YANG MENETAPKAN AYAH SEBAGAI WALI ANAK DI BAWAH UMUR (Analisis Putusan Nomor : 85/Pdt.G/2012/PN.SKA). Other thesis, universitas sebelas maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (329Kb) | Preview

    Abstract

    Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan mengetahui proses pemeriksaan gugatan perceraian yang dikumulasikan dengan gugatan tentang perwalian anak di bawah umur dan hal-hal yang menjadi pertimbangan hakim dalam penetapan ayah sebagai wali anak di bawah umur dalam putusan Nomor:85/PDT.G/2012/PN.Ska. Penelitian ini merupakan penelitian yang bersifat deskriptif. Mengacu daritujuan penulisan, maka penelitian ini termasuk penelitian empiris.Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara untuk mendapatkan data primer dan studi kepustakaan sebagai data sekunder. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data yang dilakukan penulis, maka disimpulkan bahwa proses pemeriksaan perkara yang diteliti sama dengan proses pemeriksaan persidangan lain di Pengadilan Negeri, yang membedakan hanya sidang ini tidak terbuka untuk umum. Permaslahan yang dikaji dari putusan nomor : 85/Pdt.G/2012/PN.SKA berkaitan dengan kumulasi objektif yakni dua objek yang berbeda yang digabungkan menjadi satu antara perceraian dengan Perwalian anak .Hal yang perlu dikaji adalah tentang bagaimana putusan tentang dua objek gugatan yang berbeda tersebut diputus. Gugatan perceraian dengan gugatan atas perwalian anak merupakan bentuk kumulasi objektif bersifat asesor, sifat asesor memberikan sifat jika gugatan cerai ditolak, dengan sendirinya menurut hukum penolakan itu meliputi gugatan lain yang sifatnya asesor seperti perwalian anak. Pemeriksaan dilakukan terlebih dahulu tentang percerceraian kemudian baru dipertimbangkan masalah perwalian anak.Terdapat hal-hal yang menjadi pertimbangan hakim memberikan putusan bahwa ayah yang berhak menjadi wali anak di bawah umur.Kepentingan anak merupakan hal utama yang menjadi pertimbangan hakim dalam memutuskan siapa yang berhak atas kuasa asuh/wali terhadap anak bernama YS dalam kasus tersebut. Menurut hakim anak memiliki kedekatan secara psikologis dengan ayahnya sehingga ayahnya yang berhak atas hak asuh anak tersebut. Kata Kunci : Kumulasi Gugatan, Perceraian,Pertimbangan Hakim, Perwalian anak

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: K Law > K Law (General)
    Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
    Depositing User: Mohammad Fatchurrohman
    Date Deposited: 16 Apr 2014 05:08
    Last Modified: 16 Apr 2014 05:08
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/11323

    Actions (login required)

    View Item