UPAYA MENINGKATAN HASIL BELAJAR LEMPAR CAKRAM DENGAN MENGGUNAKAN ALAT BANTU PEMBELAJARAN PAPAN KAYU PADA SISWA KELAS IX E SMP N 1 LEMBEYAN TAHUN AJARAN 2012/2013

Hendriarto, Febri Yoga (2014) UPAYA MENINGKATAN HASIL BELAJAR LEMPAR CAKRAM DENGAN MENGGUNAKAN ALAT BANTU PEMBELAJARAN PAPAN KAYU PADA SISWA KELAS IX E SMP N 1 LEMBEYAN TAHUN AJARAN 2012/2013. Other thesis, universitas sebelas maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (338Kb) | Preview

    Abstract

    Febri Yoga Hendiarto. UPAYA MENINGKATAN HASIL BELAJAR LEMPAR CAKRAM DENGAN MENGGUNAKAN ALAT BANTU PEMBELAJARAN PAPAN KAYU PADA SISWA KELAS IX E SMP N 1 LEMBEYAN TAHUN AJARAN 2012/2013. Skripsi,Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sebelas Maret Surakarta, 30 April 2013. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar Lempar Cakram siswa melalui penerapan Alat Bantu Pembelajaran Papan Kayu pada siswa kelas IX E SMP N Lembeyan tahun pelajaran 2012/2013. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus, dengan tiap siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas IX E SMP N 1 Lembeyan yang berjumlah 27 siswa yang terdiri dari 16 siswa putra dan 11 siswa putri. Sumber data penelitian ini berasal dari guru dan siswa. Teknik pengumpulan data adalah dengan observasi, penilaian hasil belajar Lempar Cakram.Validitas data menggunakan teknik trianggulasi. Analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif yang di dasarkan pada analisis kualitatif denganprosentase. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa melalui penerapan Alat Bantu Pembelajaran Papan Kayu dapat meningkatkan hasil belajar lempar Cakram dari prasiklus ke siklus I dan dari siklus I ke siklus II. Hasil analisis yang diperoleh ada peningkatan yang signifikan terjadi pada prasiklus ke siklus I dan dari siklus I ke siklus II.Pada prasiklus hasil belajar Lempar Cakram mencapai 33,33% atau sebanyak 9 siswa dari 27 siswa telah mencapai kriteria tuntas.,Pada siklus I, hasil belajar Lempar Cakram mencapai 55,56% atau sebanyak 15 siswa dari 27siswa telah mencapai kriteria tuntas.Pada siklus II hasil belajar Lempar Cakram mencapai 77,78% atau sebanyak 21 siswa dari 27siswa telah mencapai kriteria tuntas.. Berdasarkan data tersebut menunjukkan bahwa melalui penerapan Alat Bantu Pembelajaran Papan Kayu dapat meningkatkan hasil belajar Lempar Cakram. Simpulan penelitian ini adalah penerapan Alat Bantu Pembelajaran Papan Kayu dapat meningkatkan hasil belajar Lempar Cakram pada siswa kelas IX E SMP N 1 Lembeyan tahun pelajaran 2012/2013. Kata kunci : hasil belajar, Lempar Cakram, Alat Bantu Pembelajaran Papan Kayu

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Depositing User: Mohammad Fatchurrohman
    Date Deposited: 16 Apr 2014 05:05
    Last Modified: 16 Apr 2014 05:05
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/11322

    Actions (login required)

    View Item