PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP LUAS BANGUN DATAR MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF STAD

Sutanti, and Istiyati, Siti and Djaelani, (2012) PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP LUAS BANGUN DATAR MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF STAD. Didaktika Dwija Indria, 2 (2).

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (63Kb) | Preview

    Abstract

    Abstract : Increacing Fractional the Wide of Flat Shapes Concept Using of STAD Type of Cooperative Learning Model. The objective of research is to improve the fractional the wide of flat shapes concept using STAD learning model. This study belongs to a classroom action research (CAR). The research process was implemented in two cycles. Each cycle consisted of four stages: (1) planning, (2) acting, (3) observing, and (4) reflecting. Techniques of collecting data used were test, observation, and documentation. In order to validate data, the author employed contents validate. Technique of analyzing data used was an interactive analysis model including three components: data reduction, data display, and conclusion drawing. Considering the result of research it can be concluded that the use of STAD type of cooperative learning model can improve the fractional the wide of flat shapes concept. Abstrak : Peningkatan Pemahaman Konsep Luas Bangun Datar Melalui Model Pembelajaran Kooperatif STAD. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan pemahaman konsep luas bangun datar melalui model pembelajaran kooperatif STAD . Penelitian ini berbentuk Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Proses penelitian dilaksanakan dalam tiga siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap, yaitu: (1) perencanaan tindakan, (2) pelaksanaan tindakan, (3) observasi, dan (4) refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, observasi dan dokumentasi. Untuk menguji validitas data, peneliti menggunakan validitas isi. Teknik analisis data yang digunakan adalah model analisis interaktif meliputi tiga buah komponen yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan simpulan. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran kooperatif STAD dapat meningkatkan pemahaman konsep luas bangun datar. Kata kunci: Model pembelajaran kooperatif STAD, pemahaman konsep luas bangun datar

    Item Type: Article
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
    Depositing User: Endar Kusumaningrum
    Date Deposited: 16 Apr 2014 06:11
    Last Modified: 16 Apr 2014 06:11
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/11319

    Actions (login required)

    View Item