PENERAPAN STRATEGI BAURAN PROMOSI PADA DINAS PARIWISATA SURAKARTA UNTUK MENINGKATKAN WISATAWAN DI SOLO

Harini, Harini (2014) PENERAPAN STRATEGI BAURAN PROMOSI PADA DINAS PARIWISATA SURAKARTA UNTUK MENINGKATKAN WISATAWAN DI SOLO. Other thesis, universitas sebelas maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (314Kb) | Preview

    Abstract

    Promosi merupakan salah satu variabel dari bauran pemasaran yang sangat penting di lakukan dalam perusahaan untuk memasarkan produk atau jasa. Kegiatan promosi bukan hanya sebagai alat komunikasi antara perusahaan dan konsumen, melainkan juga sebagai alat untuk mempengaruhi konsumen dalam kegiatan pembelian produk atau jasa sesuai dengan keinginan dan kebutuhan. Tujuan yang akan dibahas dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan strategi bauran promosi serta kendala yang dihadapi dalam penerapan strategi bauran promosi yang dilakukan Dinas Pariwisata Surakarta. Metode penelitian yang digunakan oleh penulis adalah analisis deskriptif yang bersumber pada data primer yaitu data yang diperoleh secara langsung dari hasil wawancara, serta data sekunder yang diperoleh dari dokumen-dokumen atau buku-buku yang berkaitan dengan penelitian ini. Media promosi yang digunakan oleh Dinas Pariwisata Surakarta adalah Brosur, Buku Kalender Event, Poster, Baliho, Radio, dan Televisi. serta dengan menyelenggarakan berbagai event penting seperti menggelar pameran budaya maupun ajang festival budaya dengan menampilkan berbagai macam bakat dan kreativitas yang dimiliki oleh masyarakat di Solo. Sedangkan dari data jumlah kunjungan wisatawan 4 tahun terakhir, yaitu tahun 2009 ke tahun 2010 mengalami sedikit penurunan. Namun pada tahun 2011 ke tahun 2012 mengalami peningkatan yang cukup drastis, hal ini menunjukkan bahwa bahwa setiap promosi yang dilakukan oleh Dinas Pariwisata Surakarta dapat mencapai sasaran yang diharapkan. Saran yang dapat penulis sampaikan oleh Dinas Pariwisata Surakarta lebih memperluas bauran promosi yang dilakukan, agar lebih meningkatkan kerjasama antar pelaku pariwisata daerah, meningkatkan sarana dan prasarana untuk penyesuaian terhadap kebutuhan wisatawan dan mengembangkan strategi promosi melalui media internet. Kata Kunci : Strategi Bauran Promosi, Media Promosi.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
    Divisions: Fakultas Ekonomi > D3 - Manajemen Pemasaran
    Depositing User: Mohammad Fatchurrohman
    Date Deposited: 16 Apr 2014 05:02
    Last Modified: 16 Apr 2014 05:02
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/11317

    Actions (login required)

    View Item