PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS PUISI DENGAN MENGGUNAKAN METODE CONCEPT SENTENCE PADA SISWA KELAS III SDN 02 KEDUNGREJO NGUNTORONADI WONOGIRI TAHUN 2013

Anggraini, Dian (2014) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS PUISI DENGAN MENGGUNAKAN METODE CONCEPT SENTENCE PADA SISWA KELAS III SDN 02 KEDUNGREJO NGUNTORONADI WONOGIRI TAHUN 2013. Other thesis, universitas sebelas maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (4Mb) | Preview

    Abstract

    Dian Anggraini. PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS PUISI DENGAN MENGGUNAKAN METODE CONCEPT SENTENCE PADA SISWA KELAS III SDN 02 KEDUNGREJO TAHUN 2013. Skripsi , Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta. Mei 2013. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan menulis puisi dengan menggunakan metode Concept Sentence pada siswa kelas III SDN 02 Kedungrejo Nguntoronadi Wonogiri tahun 2013. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Tiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas III SDN 02 Kedungrejo tahun 2013 yang berjumlah 19 orang. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Validitas data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi metode. Teknik analisis data menggunakan model analisis interaktif yang terdiri dari tiga komponen yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode Concept Sentence dapat meningkatkan kemampuan menulis puisi. Hal ini terbukti dengan meningkatnya nilai rata-rata kelas kemampuan menulis puisi dan ketuntasan klasikal pada setiap siklus. Nilai rata-rata kelas kemampuan menulis puisi pada pratindakan adalah 60,21, meningkat menjadi 69,74 pada siklus I, kemudian pada siklus II meningkat kembali menjadi 80. Persentase ketuntasan klasikal pada pratindakan adalah 31,6% atau 6 siswa, pada siklus I meningkat menjadi 63,16% atau 12 siswa, dan pada siklus II meningkat menjadi 89,47% atau 17 siswa. Kata Kunci: kemampuan menulis puisi, metode Concept Sentence.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Depositing User: Mohammad Fatchurrohman
    Date Deposited: 16 Apr 2014 05:03
    Last Modified: 16 Apr 2014 05:03
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/11308

    Actions (login required)

    View Item