ANALISIS FAKTOR- FAKTOR YANG MEMPENGARUHI TINGKAT KESIAPAN KERJA PADA SISWA KELAS XII SMK WIKARYA KARANGANYAR TAHUN PELAJARAN 2011/2012

Sari, ratna kartika (2014) ANALISIS FAKTOR- FAKTOR YANG MEMPENGARUHI TINGKAT KESIAPAN KERJA PADA SISWA KELAS XII SMK WIKARYA KARANGANYAR TAHUN PELAJARAN 2011/2012. Other thesis, universitas sebelas maret.

[img] PDF - Published Version
Download (505Kb)

    Abstract

    Ratna Kartika Sari. K7407199. “ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI TINGKAT KESIAPAN KERJA PADA SISWA KELAS XII SMK WIKARYA KARANGANYAR TAHUN PELAJARAN 2011/2012”. Skripsi, Surakarta : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Sebelas Maret. 2013. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi tingkat kesiapan kerja pada siswa kelas XII SMK WIKARYA Karanganyar, (2) Mengetahui kendala kesiapan kerja yang dialami siswa kelas XII SMK WIKARYA Karanganyar, (3) mengetahui usaha yang dilakukan untuk mengatasi kendala kesiapan kerja siswa kelas XII SMK WIKARYA Karanganyar. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Subyek penelitian adalah siswa kelas XII SMK WIKARYA Karangayar tahun pelajaran 2011/2012. Peneliti menggunakan jenis penelitian studi kasus dengan strategi tunggal terpancang. Sumber data yang digunakan adalah informan, tempat dan peristiwa serta dokumen dan arsip. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, angket dan analisis dokumen. Uji validitas data yang digunakan adalah trianggulasi sumber dan metode. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknis analisis interaktif. Hasil penelitian ini adalah (1) Faktor-faktor yang mempengaruhi tingkat kesiapan kerja siswa kelas XII SMK WIKARYA Karanganyar tahun pelajaran 2011/2012 antara lain “(a) pengalaman praktik luar (Prakerin) berpengaruh sebesar 81%, (b) bimbingan vokasional berpengaruh 70%, (c) motivasi belajar berpengaruh sebesar 67%, (d) latar belakang ekonomi orang tua berpengaruh 62%, (e) prestasi belajar sebelumnya berpengaruh 58%, dan (f) informasi pekerjaan berpengaruh 54% terhadap tingkat kesiapan kerja siswa; (2) Kendala yang mempengaruhi tingkat kesiapan kerja siswa antara lain (a) motivasi, (b) prakerin, (c) latar belakang ekonomi keluarga, (d) bimbingan, (e) penerimaan informasi, dan (f) informasi pekerjaan; (3) Usaha yang dilakukan untuk menunjang kesiapan kerja siswa diantaranya adalah dengan belajar, memotivasi diri, mencari bantuan modal dan aktif mencari informasi pekerjaan. Sedangkan usaha yang dilakukan sekolah adalah bekerja sama dengan perusahaan-perusahaan, bekerja sama dengan PJTKI, memberi motivasi dan pengarahan, memberi informasi pekerjaan kepada siswa, menambah sarana dan prasarana sekolah, dan meningkatkan mutu pendidikan.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Depositing User: Mohammad Fatchurrohman
    Date Deposited: 16 Apr 2014 05:01
    Last Modified: 16 Apr 2014 05:01
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/11305

    Actions (login required)

    View Item