PERANCANGAN KURSI ERGONOMI OPERATOR CONTROL ROOM PRODUKSI BERDASARKAN ANTHROPOMETRI OPERATOR DI PT. KRAKATAU STEEL CILEGON-BANTEN

Widyawati, nurrahmah (2014) PERANCANGAN KURSI ERGONOMI OPERATOR CONTROL ROOM PRODUKSI BERDASARKAN ANTHROPOMETRI OPERATOR DI PT. KRAKATAU STEEL CILEGON-BANTEN. Other thesis, universitas sebelas maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (790Kb) | Preview

    Abstract

    Tujuan: Operator memiliki fungsi penting di perusahaan. Duduk dengan kursi tidak ergonomi akan menimbulkan dampak seperti resiko terkena WMSDs, , cacat produksi yang berakibat pada dan serta dan . Tujuan penelitian ini adalah merancang kursi ergonomi operator produksi berdasarkan anthropometri operator. Metode: Penelitian ini menggunakan metode deskriptif. Pengambilan data dilakukan melalui observasi langsung yang meliputi pembagian kuisioner keluhan sikap kerja duduk, observasi kursi, pengukuran kursi operator pengukuran anthropometri operator dan studi kepustakaan. Hasil: Uji kecukupan data, keseragaman dan normalitas data memperoleh hasil yaitu data cukup, seragam, dan normal. Terdapat operator dengan keluhan yang diakibatkan oleh kursi yang tidak sesuai dengan anthropometri. Hasil observasi memperoleh kondisi kursi yang tidak baik. Data anthropometri yang telah diuji dilakukan perancangan kursi dengan memperhatikan standar kursi ergonomi. Simpulan: Ketidaksesuaian anthropometri operator dengan kursi menimbulkan keluhan berdasarkan kuisioner keluhan sikap kerja duduk dan terdapat kondisi kursi yang rusak, sehingga diperlukan adanya perancangan kursi ergonomi yang sesuai dengan anthropometri operator. Perusahaan dapat menggunakan hasil penelitian ini untuk mendesain stasiun kerja yang baik, mengingat fungsi operator yang sangat penting terhadap produktivitas perusahaan. Kata kunci: Perancangan Kursi Ergonomi, Anthropometri 1. Mahasiswa Prodi Diploma 3 Hiperkes dan Keselamatan Kerja, Fakultas Kedokteran, Universitas Sebelas Maret Surakarta. 2. Prodi Diploma 3 Hiperkes dan Keselamatan Kerja, Fakultas Kedokteran, Universitas Sebelas Maret Surakarta.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: Q Science > Q Science (General)
    R Medicine > R Medicine (General)
    Divisions: Fakultas Kedokteran > D3 - Hiperkes dan Keselamatan Kerja
    Depositing User: Mohammad Fatchurrohman
    Date Deposited: 16 Apr 2014 05:04
    Last Modified: 16 Apr 2014 05:04
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/11301

    Actions (login required)

    View Item