ANALISIS PENGENDALIAN KUALITAS PRODUK MEJA MAYO DENGAN MENGGUNAKAN METODE C-CHART PADA CV. RIGEN SARANA MUKTI SURAKARTA

wijaksono, guntur andi (2013) ANALISIS PENGENDALIAN KUALITAS PRODUK MEJA MAYO DENGAN MENGGUNAKAN METODE C-CHART PADA CV. RIGEN SARANA MUKTI SURAKARTA. ANALISIS PENGENDALIAN KUALITAS PRODUK MEJA MAYO DENGAN MENGGUNAKAN METODE C-CHART PADA CV. RIGEN SARANA MUKTI SURAKARTA.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (966Kb) | Preview

    Abstract

    Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis produk cacat dengan penerapan metode C-Chart, (1) untuk mengetahui rata-rata kerusakan. (2) untuk mengetahui batas kendali atas (UCL) dan batas kendali bawah bawah (UCL) dengan bagan kendali CChart. (3) untuk mengetahui kecacatan produk serta apa saja jenisnya kerusakan (4) mengetahui faktor-faktor penyebab kerusakan. Sesuai dengan tujuan yang ditetapkan, analisis dta penlitian inimenggunakan metode C-Chart. Dalam penilitian ini penulis menggunakan data jumlah kerusakan produk meja mayo selama 2012. Teknik analisis data yang digunakan adalah dengan metode C-Chart dengan batas pengendalian atas (UCL) dan batas pengendalian bawah (LCL) Berdasarkan analisis C-Chart, pada CV. Rigen Sarana Mukti selama tahun 2012 dapat diketahui bahwa jumlah kerusakan produk sebesar 217. Setelah dianalisa dapat diketahui rata-rata kerusakan produk sebesar 18,08 dengan batas pengendalian atas sebesar (LCL) 30,84 dan batas pengendalian bawah (LCL) sebesar 5,32. Berdasarkan data dan analisis diagram pareto bahwa jenis kerusakan karena pemotongan bahan 107 atau 49,31%, pengelasan 53 atau 24,42%, proses pengukuran bahan 32 atau 14,75% dan perakitan rangka 25 atau 11,52%. Berdasarkan analisis yang diteliti dengan diagram sebab-akibat penyebab kerusakan yaitu material (kualitas bahan baku), mesin (kurang perawatan dan mesin macet), manusia (kelelahan, kurang kosentrasi dan tidak teliti), metode (instruksi kurang jelas dan metode kurang) Pada akhir penulisan, penulis menyarankan agar perusahaan memperbaiki kualitas meja mayo mengingat masih adanya kerusakan dengan langkah awal yang bisa dilakukan dengan mengatasi penyebab-penyebab terjadinya kerusakan pada meja mayo. Kata kunci : pengendalian kualitas dengan menggunkan metode C-Chart, Diagram Pareto, Diagram sebab-akibat (fishbone)

    Item Type: Article
    Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
    H Social Sciences > HB Economic Theory
    Divisions: Fakultas Ekonomi > D3 - Manajemen Bisnis
    Depositing User: Mohammad Fatchurrohman
    Date Deposited: 16 Apr 2014 03:24
    Last Modified: 02 Sep 2016 13:00
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/11292

    Actions (login required)

    View Item