PREDIKSI KEKERINGAN BERDASARKAN STANDARDIZED PRECIPITATION INDEX (SPI) PADA DAERAH ALIRAN SUNGAI KEDUANG DI KABUPATEN WONOGIRI

utami, dwi utami (2014) PREDIKSI KEKERINGAN BERDASARKAN STANDARDIZED PRECIPITATION INDEX (SPI) PADA DAERAH ALIRAN SUNGAI KEDUANG DI KABUPATEN WONOGIRI. PREDIKSI KEKERINGAN BERDASARKAN STANDARDIZED PRECIPITATION INDEX (SPI) PADA DAERAH ALIRAN SUNGAI KEDUANG DI KABUPATEN WONOGIRI.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (153Kb) | Preview

    Abstract

    DWI UTAMI, 2013, “PREDIKSI KEKERINGAN BERDASARKAN STANDARDIZED PRECIPITATION INDEX (SPI) PADA DAERAH ALIRAN SUNGAI KEDUANG DI KABUPATEN WONOGIRI”. Sumber daya alam yang sangat dibutuhkan oleh manusia adalah air. Keberadaan air di bumi ini relative tetap karena air melakukan perputaran atau biasa disebut siklus hidrologi. Perubahan iklim mempunyai pengaruh besar terhadap perubahan siklus hidrologi, salah satunya adalah terjadinya kekeringan dibeberapa daerah seperti Daerah Aliran Sungai Keduang yang berada di Kabupaten Wonogiri Provinsi Jawa Tengah. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Mengetahui indeks kekeringan dengan menggunakan metode Standardized Precipitation Index (SPI) di DAS Keduang, (2) Mengetahui indeks ketajaman kekeringan berdasarkan metode SPI, (3) Mengetahui prediksi data hujan dan kekeringan pada tahun 2012 – 2015. Metode penelitian ini menggunakan metode deskritif kuantitatif dengan teknik pengumpulan data dari sumber atau instansi terkait sehingga pada penelitian ini data yang digunakan adalah data sekunder. Tahapan penelitian yang dilaksanakan dengan mempersiapkan data curah hujan pada tahun 2000 – 2011 dan peta topografi. Hasil hujan wilayah menggunakan metode polygon Thiessen. Untuk hujan simulasi menggunakan metode jaringan syaraf tiruan (JST) Backpropagation dengan bantuan software Matlab. Indeks kekeringan dan indeks ketajaman kekeringan menggunakan metode Standardized Precipitation Index (SPI). Hasil analisis menunjukan bahwa pada tahun 2012 dan tahun 2013 tidak mengalami kondisi Sangat Kering dikarenakan selama 12 bulan dari bulan Januari sampai Desember selama 2 tahun tersebut, hanya pada bulan Juni, Juli, dan Agustus saja yang mengalami kondisi Kering dengan indeks kekeringan rata-rata diantara -1.2944 sampai -1.4879 Selebihnya bulan-bulan lainnya mengalami kondisi Basah dan Normal. Pada prediksi kekeringan DAS Keduang untuk tahun 2014 sampai tahun 2015 mengalami kondisi Sangat Kering di bulan Juli dengan indeks kekeringan ratarata diantara -1.5039 sampai -1.5031, sementara kondisi Kering terjadi pada bulan Juni dan Agustus dengan indeks kekeringan -1.3032 sampai -1.3729. Untuk bulan Januari dan Februari mengalami kondisi Basah, dan di bulan Maret – Mei serta September – Desember mengalami kondisi Normal. Untuk prediksi kekeringan pada tahun 2012 – 2015 mengalami kondisi kering dengan nilai indeks kekeringan SPI antara -1,0 sampai -1,49.

    Item Type: Article
    Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
    Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Sipil
    Depositing User: Mohammad Fatchurrohman
    Date Deposited: 16 Apr 2014 05:04
    Last Modified: 02 Sep 2016 13:25
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/11291

    Actions (login required)

    View Item