ANALISIS SEGMENTASI BERBASIS PERSEPSI KONSUMEN (STUDI PRODUK DEPOSITO PT. BPR KARTASURA MAKMUR)

P, PRASETYA MULYA D (2013) ANALISIS SEGMENTASI BERBASIS PERSEPSI KONSUMEN (STUDI PRODUK DEPOSITO PT. BPR KARTASURA MAKMUR). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (251Kb) | Preview

    Abstract

    The purpose of this research was to investigate the segmentation of deposit products of BPR KARTASURA MAKMUR. Interviews,observations and questionnaires were applied to collect of data in this research. Primary and secondary data were used in this research which primary data were obtained by interviews and questionnaires, meanwhile secondary data were collected by Bank Indonesia’s report and also from BPR Kartasura Makmur. The sampling method of this study was random sampling with 100 respondents who are as the deposit customers of that BPR. The results showed that there is two segments of BPR Kartasura Makmur in deposit’s product. Firstly, segmentation based on service and facilities namely services. Secondly, segmentation based on interest rate and investment, namely benefits. Keywords: Segmentation, deposits, cluster analysis. Penelitian ini mengambil judul “Analisis Segmentasi Berbasis Persepsi Konsumen( Studi Produk Deposito PT. BPR Kartasura Makmur )”. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan segmentasi terhadap produk deposito BPR KARTASURA MAKMUR. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah metode wawancara, observasi dan kuesioner. Jenis data yang digunakan adalah data primer dan sekunder. Data primer diperoleh dengan wawancara dan penyebaran kuesioner kepada nasabah deposito. Metode pengambilan sampel secara random sampling kepada 100 deposan BPR Kartasura Makmur. Data dianalisis menggunakan Analisis klaster melalui program SPSS v.16. sedangkan data sekunder didapat dari laporan Bank Indonesia dan perusahaan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa segmen deposito BPR KARTASURA MAKMUR terbagi menjadi dua segmen.Segmen pertama adalah berbasis pelayanan karena deposan memilih membuka deposito dengan alasan pelayanan dan fasilitas,sedangkan segmen kedua adalah berbasis manfaat disebabkan deposan memilih membuka deposito karena alasan suku bunga dan investasi. Variabel segmentasi yang digunakan BPR KARTASURA MAKMUR adalah demografi, geografi, dan manfaat. Kata kunci : Segmentasi, deposito, analisis klaster.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
    Divisions: Fakultas Ekonomi > D3 - Manajemen Pemasaran
    Depositing User: Tri Wahyu Prasetyo
    Date Deposited: 15 Apr 2014 21:30
    Last Modified: 15 Apr 2014 21:30
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/11246

    Actions (login required)

    View Item