MODEL PENGEMBANGAN DESAIN BERBASIS PARTISIPASI PERAJIN UNTUK MENINGKATKAN DIVERSIFIKASI PRODUK KRIYA ANYAMAN BAMBU DI RINGINAGUNG MAGETAN

Sukarno, Muhammad and Sulistyo, Edy Tri and Yulianto, Nanang (2014) MODEL PENGEMBANGAN DESAIN BERBASIS PARTISIPASI PERAJIN UNTUK MENINGKATKAN DIVERSIFIKASI PRODUK KRIYA ANYAMAN BAMBU DI RINGINAGUNG MAGETAN. . pp. 1-16.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (158Kb) | Preview

    Abstract

    Tujuan Penelitian ini adalah: a) mengidentifikasi profil dan karakter UKM, b) mengidentifikasi manajemen desain dan produksi, c) Menelusuri kondisi desain dan produk yang diminati pasar, d) mengidentifikasi manajemen pemasaran, e) melakukan Diskusi Terarah atau FGD, f) menemukan model pengembangan desain berbasis partisipasi perajin, g) validasi ahli desain. Sedangkan pada tahun II bertujuan untuk:a) pendampingan pengrajin yang bersifat motivatif dan alternatif, b) eksperimen desain, c) membuat prototipe produk, d) melakukan uji coba produk (pengemasan, pameran, pemasaran), e) evaluasi hasil uji coba produk, f) proses HKI, g) diseminasi (sosialisasi, jurnal dan buku) Metode penelitian untuk mencapai tujuan Tahun I tersebut dipaparkan sebagai berikut: Penelitian ini akan dilakukan di sentra kriya anyaman bambu di Ringinagung, Magetan, Jawa Timur. Kajian akan dilakukan dengan pendekatan kualitatif, penekanannya pada aspek pengembangan desain dengan berbagai prototipe yang bisa memotivasi kriyawan bereksplorasi dan bereksperimen mengembangkan desain. Sumber data utama berupa dokumen/arsip, sumber informan, sumber tempat – peristiwa. Teknik Pengumpulan Datadilakukan melalui: a) Analisis Isi Dokumen/Arsip, b) Wawancara Mendalam, c) Pengamatan Terlibat. Melakukan FGD dengan tujuan untuk mengumpulkan berbagai pendapat dan pandangan pihak-pihak terkait dalam pengembangan desain yang selanjutnya akan diintegrasikan dengan pandangan peneliti berdasarkan konteks permasalahan desain yang ada di lokasi penelitian. Validitas Data dilakukan dengan mengecek secara silang keterangan yang diperoleh dari sumber yang berbeda, yaitu dari dokumen, pengamatan, wawancara dan pustaka, serta melakukan review informant. Model Analisis dilakukan dengan model interaktif, meliputi tahapan pengumpulan data, reduksi data, sajian data dan menarik kesimpulan. Pendampingan pada pengrajin yang bersifat motivatif dan alternatif. Adapun Metode Penelitian untuk mencapai tujuan penelitian Tahun II dilakukan dengan cara sebagai berikut: a) Eksperimen desain dilakukan dengan membuat berbagai desain produk anyaman bambu agar dihasilkan desain-desain yang baru dan inovatif, b) Membuat prototipe produk untuk desain-desain hasil eksperimen desain yang telah dipilih oleh perajin, peneliti mendampingi pada saat proses perwujudan prototipe, c) Melakukan ujicoba produk (pengemasan, pameran, pemasaran), d) Evaluasi hasil uji coba pembuatan produk, e) FGD hasil evaluasi dilakukan untuk merumuskan langkah kedepan setelah produk hasil pengembangan desain telah diketahui kelebihan dan kekurangannya, f) Proses HKI, g) Diseminasi (Sosialisasi, Jurnal dan Buku) Kata Kunci: pengembangan, desain, partisipasi, anyaman, bambu

    Item Type: Article
    Subjects: N Fine Arts > NK Decorative arts Applied arts Decoration and ornament
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Depositing User: Arissa Aprilia Nurcahyani
    Date Deposited: 15 Apr 2014 17:34
    Last Modified: 13 Sep 2016 17:00
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/11187

    Actions (login required)

    View Item