PENERAPAN FUNGSI GUDANG FINISH/ PRINTING DAN SISTEM ADMINISTRASI GUDANG PT. DANLIRIS SUKOHARJO

PRATAMA, A.AKTANANDA (2013) PENERAPAN FUNGSI GUDANG FINISH/ PRINTING DAN SISTEM ADMINISTRASI GUDANG PT. DANLIRIS SUKOHARJO. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (295Kb) | Preview

    Abstract

    ABSTRAK PENERAPAN FUNGSI GUDANG FINISH/ PRINTING DAN SISTEM ADMINISTRASI GUDANG PT. DANLIRIS SUKOHARJO A.AKTANANDA PRATAMA F3510001 PT. Danliris merupakan perusahaan yang berskala menengah yang bergerak di bidang Texstil dan Garmen. PT. Danliris berproduksi atas dasar pemesanan (Buy order). Untuk produk yang di produksi ada berbagai macam ukuran dan proses yang berbeda-beda sesuai pesanan konsumen. Apabila produk yang dipesan tidak sesuai dengan pesanan pada awal kontrak maka perusahaan akan bertanggung jawab sepenuhnya dengan cara membuatkan lagi sesuai dengan pesanan, dan produk yang telah di produksi tersebut masuk dalam kategori barang jadi yang akan di jual pada pelanggan lain dan di tempatkan pada gudang finish/ printing. Penelitian ini menjelaskan tentang sistem administrasi pengelolaan barang pada gudang finish/ printing PT. Dan Liris Sukoharjo. Selain mampu memberi penjelasan serta gambaran terhadap sistem yang diterapkan apakah sudah sesuai dengan standar atau tidak, penelitian ini juga bertujuan untuk memaparkan kekurangan dalam pegelolaan barang pada gudang finish/ printing. Sistem administrasi pengelolaan barang pada gudang finish/ printing yang diterapkan PT Dan Liris tergolong baik dimana terdapat pemisahan wewenang yang tegas untuk setiap kegiatan, namun terdapat beberapa kekurangan dalam pengelolaan barang pada gudang finish/ printing yaitu, luas gudang yang kurang memadai serta pengaturan penempatan alokasi barang yang kurang baik dan terlihat tidak rapi dikarenakan rak-rak penempatan barang pada gudang masih kurang, Sehingga banyak barang jadi yang diletakkan di gang-gang untuk akses jalan dalam gudang, penempatan barang jadi dalam gudang juga tidak sesuai dengan kode nomor yang sudah dicantumkan pada setiap rak. Selain itu gudang penyimpanan barang jadi dan tempat untuk packing barang menjadi satu, seharusnya gudang penyimpanan barang jadi itu terpisah dengan tempat untuk packing barang agar terlihat lebih rapi dan tidak berantakan dalam penempatan barang. Dari berbagai kekurangan pengelolaan gudang yang ada di gudang finish/ printing, maka penulis mengusulkan beberapa solusi alternatif yaitu, melakukan pengelolaan yang lebih baik lagi, dengan cara perluasan gudang, penambahan jumlah rak, penempatan barang secara teratur, dan pemberian kode barang pada setiap barang yang masuk pada gudang, agar dalam akses pengambilan barang lebih mudah. Selain itu memberi pengarahan terhadap karyawan gudang agar memperbaiki kinerja dalam pengelolaan barang dalam gudang. Kata kunci: Sistem administrasi, pengelolaan barang pada gudang.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
    Divisions: Fakultas Ekonomi > D3 - Manajemen Bisnis
    Depositing User: Noviana Daruwati Kusuma Adi
    Date Deposited: 15 Apr 2014 17:29
    Last Modified: 15 Apr 2014 17:29
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/11184

    Actions (login required)

    View Item