PENGARUH MICRO TEACHING DAN BIMBINGAN GURU PAMONG TERHADAP KEMAMPUAN MENGAJAR MAHASISWA PPL FKIP UNS SURAKARTA

Saputri, Dea Natalia and Siswandari, and Ngadiman, (2013) PENGARUH MICRO TEACHING DAN BIMBINGAN GURU PAMONG TERHADAP KEMAMPUAN MENGAJAR MAHASISWA PPL FKIP UNS SURAKARTA. JUPE UNS, 1 (1). pp. 1-11.

[img] PDF - Published Version
Download (275Kb)

    Abstract

    Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui : 1) pengaruh persepsi mahasiswa tentang micro teaching terhadap kemampuan mengajar mahasiswa PPL, 2) pengaruh persepsi mahasiswa tentang bimbingan guru pamong terhadap kemampuan mengajar mahasiswa PPL, dan 3) pengaruh persepsi mahasiswa tentang micro teaching dan bimbingan guru pamong terhadap kemampuan mengajar mahasiswa PPL Program Studi Pendidikan Ekonomi Angkatan 2009 FKIP UNS Tahun 2013. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif dengan melakukan uji hipotesis. Penelitian ini mengambil lokasi di program studi Ekonomi FKIP UNS. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa prodi Ekonomi angkatan 2009 yang telah lulus mata kuliah micro teaching dan telah melaksanakan PPL yang berjumlah 183 mahasiswa. Sampel yang diambil sebanyak 37 mahasiswa dengan teknik proportional random sampling. Teknik pengumpulan data adalah dengan metode angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah analisis korelasi dan regresi ganda. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa 1) terdapat pengaruh yang positif persepsi mahasiswa tentang micro teaching terhadap kemampuan mengajar mahasiswa PPL, dengan rx 81y = 0,606 lebih besar dari rtabel = 0,329. 2) terdapat pengaruh yang positif persepsi mahasiswa tentang bimbingan guru pamong terhadap kemampuan mengajar mahasiswa PPL, dengan rx 82y = 0,614 lebih besar dari rtabel = 0,329. 3) terdapat pengaruh yang positif persepsi mahasiswa tentang micro teachingdan bimbingan guru pamong terhadap kemampuan mengajar mahasiswa PPL Program Studi Pendidikan Ekonomi Angkatan 2009 FKIP UNS Tahun 2013, dengan Ry(12) = 0,7353; R2 = 0,5410; fhitung = 20,01 lebih besar dari ftabel = 3,28 dan persamaan garis regresinya �6 = 26,5 + 0,325X1 + 0,454X2. Penelitian ini menunjukan besarnya sumbangan relatif dan sumbangan efektif untuk X1 terhadap Y sebesar 49,01% dan 26,50%, sedangkan X2 terhadap Y sebesar 50,99% dan 27,57%. Kata kunci: micro teaching, bimbingan guru pamong, kemampuan mengajar mahasiswa PPL

    Item Type: Article
    Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
    L Education > L Education (General)
    T Technology > T Technology (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ekonomi
    Depositing User: Athiyah
    Date Deposited: 09 Jul 2013 20:43
    Last Modified: 10 Jul 2013 06:25
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/1118

    Actions (login required)

    View Item