PEMBELAJARAN KIMIA DENGAN INVESTIGASI KELOMPOK MELALUI EKSPERIMEN DAN PROYEK DITINJAU DARI KEMAMPUAN MENGGUNAKAN ALAT LABORATORIUM DAN PERSEPSI DIRI SISWA

Kasimun, and Ashadi, and Haryono, (2012) PEMBELAJARAN KIMIA DENGAN INVESTIGASI KELOMPOK MELALUI EKSPERIMEN DAN PROYEK DITINJAU DARI KEMAMPUAN MENGGUNAKAN ALAT LABORATORIUM DAN PERSEPSI DIRI SISWA. Universitas Sebelas Maret. pp. 17-23. ISSN 2252-7893

[img] PDF - Published Version
Download (375Kb)

    Abstract

    Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: perbedaan penggunaan metode eksperimen dan proyek, kemampuan menggunakan alat laboratorium, persepsi diri, dan interaksinya terhadap prestasi belajar ranah kognitif siswa. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dan dilaksanakan dari bulan Oktober 2011- Februari2012. Populasi penelitian ini adalah semua siswa kelas XI (10 kelas) SMK Wongsorejo Gombong Tahun Pelajaran 2011/2012. Sampel diperoleh dengan teknik Cluster Random Sampling yang terdiri dari empat kelas, XIMA, XIMD, XIOA, dan XIOC. Kelas XIMA dan XIMD diberi pembelajaran dengan metode eksperimen dan kelas XIOA dan XIOC diberi pembelajaran dengan metode proyek. Data untuk prestasi belajar kognitif dikumpulkan dengan metode tes, data kemampuan siswa menggunakan alat laboratorium digunakan observasi, angket persepsi diri dan angket untuk prestasi afektif siswa. Hipotesis diuji menggunakan Anava. Dari hasil analisis data disimpulkan: 1) ada pengaruh penggunaan metode eksperimen dan proyek terhadap prestasi belajar kognitif siswa, 2) ada pengaruh kemampuan menggunakan alat laboratorium terhadap prestasi belajar kognitif siswa, 3) ada pengaruh persepsi diri terhadap prestasi belajar kognitif siswa, 4) tidak ada interaksi antara metode dengan kemampuan menggunakan alat laboratorium terhadap prestasi belajar siswa, 5) tidak ada interaksi antara metode dan persepsi diri terhadap prestasi belajar kognitif siswa, 6) tidak ada interaksi antara kemampuan menggunakan alat laboratorium dengan persepsi diri terhadap prestasi belajar kognitif siswa, 7) tidak ada interaksi antara metode, kemampuan menggunakan alat laboratorium, dengan persepsi diri terhadap prestasi belajar siswa. Kata Kunci : Investigasi Kelompok, Eksperimen, Proyek, Kemampuan menggunakan alat laboratorium, Persepsi diri, Prestasi Belajar, Elektrokimia.

    Item Type: Article
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
    Divisions: Pasca Sarjana > Magister > Pendidikan Sains
    Depositing User: Users 849 not found.
    Date Deposited: 09 Jul 2013 00:01
    Last Modified: 09 Jul 2013 02:38
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/1116

    Actions (login required)

    View Item