PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUANMENEMUKAN KALIMAT UTAMA DALAM PARAGRAF (Penelitian Tindakan Kelas pada Siswa Kelas IV SD Negeri 02 Paseban Jumapolo Karanganyar Tahun Ajaran 2012 / 2013)

MARDININGSIH, RAHMATYAS REANA (2013) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUANMENEMUKAN KALIMAT UTAMA DALAM PARAGRAF (Penelitian Tindakan Kelas pada Siswa Kelas IV SD Negeri 02 Paseban Jumapolo Karanganyar Tahun Ajaran 2012 / 2013). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (262Kb) | Preview

    Abstract

    ABSTRAK Rahmatyas Reana Mardiningsih. PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENEMUKAN KALIMAT UTAMA DALAM PARAGRAF (Penelitian Tindakan Kelas pada Siswa Kelas IV SD Negeri 02 Paseban Jumapolo Karanganyar Tahun Ajaran 2012 / 2013). Skripsi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta. Mei 2013. Tujuan penelitian ini adalah sebagai berikut (1) meningkatkan kemampuan menemukan kalimat utama dalam paragraf melalui model pembelajaran kooperatif tipe CIRC pada siswa kelas IV SD Negeri 02 Paseban, Jumapolo, Karanganyar, Tahun Ajaran 2012/2013, (2) mendeskripsikan implementasi penerapan model pembelajaran kooperatif tipe CIRC dalam meningkatkan kemampuan menemukan kalimat utama dalam paragraf pada siswa kelas IV SD Negeri 02 Paseban Jumapolo Karanganyar tahun ajaran 2012/2013. Bentuk penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang berlangsung dalam dua siklus, setiap siklusnya terdiri dari dua pertemuan. Tiap siklus memiliki empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa dan guru kelas IV SD Negeri 02 Paseban, Jumapolo, Karanganyar, Tahun Ajaran 2012/2013. Teknik pengumpulan data adalah wawancara, observasi, dokumentasi, dan tes. Teknik analisis data menggunakan model analisis interaktif yang terdiri dari tiga komponen yaitu reduksi data, sajian data, dan penarikan kesimpulan (verifikasi). Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilaksanakan menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe CIRC dapat meningkatkan kemampuan menemukan kalimat utama dalam paragraf pada siswa kelas IV SD Negeri 02 Paseban, Jumapolo, Karanganyar Tahun Ajaran 2012/2013. Peningkatan tersebut dapat dilihat dari pencapaian nilai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) sebesar 70. Persentase ketuntasan pada pratindakan masih pada 47,06% dari 17 siswa. Meningkat pada siklus I, yaitu mencapai 70,59% dan pada siklus II meningkat lagi menjadi 100%. Simpulan dari penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe CIRC dapat meningkatkan kemampuan menemukan kalimat utama dalam paragraf pada siswa kelas IV SD Negeri 02 Paseban, Jumapolo, Karanganyar Tahun Ajaran 2012/2013. Selain itu, model pembelajaran kooperatif tipe CIRC sudah dapat diterapkan dengan baik oleh guru. Dalam pembelajaran menemukan kalimat utama pada paragraf melalui model pembelajaran kooperatif tipe CIRC, kegiatan yang dilakukan adalah kelas dibagi menjadi kelompokkelompok CIRC. Satu kelompok dibagi menjadi dua tim. Masing-masing tim mulai bekerja sesuai tugasnya. Tim kembali ke kelompok mereka untuk mencocokkan hasil diskusi secara berpasangan tadi. Setelah selesai berdiskusi, wakil dari kelompok mempresentasikan hasil diskusi mereka dan kelompok lain menanggapi. Kata Kunci: Cooperative Integrated Reading and Composition, kemampuan, menemukan, kalimat utama. ABSTRACT Rahmatyas Reana Mardiningsih. IMPLEMENTATION OF COOPERATIVE LEARNING MODEL TYPE COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) TO IMPROVE CAPABILITY OF DISCOVERING MAIN SENTENCE IN PARAGRAPH (CLASSROOM ACTION RESEARCH AT THE FOURTH GRADE STUDENTS OF SD NEGERI 02 PASEBAN, JUMAPOLO, KARANGANYAR AT 2012/2013 ACADEMIC YEAR). Skripsi, Teacher Training and Education Faculty of Sebelas Maret University Surakarta. Mei 2013. The purpose of this research were (1) improve the ability of finding the main sentence in the paragraph through cooperative learning model type CIRC, at the fourth grade students of SD Negeri 02 Paseban, Jumapolo, Karanganyar at 2012/2013 academic year, (2) describe the implementation of cooperative learning model type CIRC at the fourth grade students of SD Negeri 02 Paseban, Jumapolo, Karanganyar at 2012/2013 academic year. The form of this research was classroom action research that has been done in two cycles, each cycle consist of two meeting. Each cycle has four phases, those are planning, action, observation, and reflection. The subjects of this research were the fourth grade students and teacher of SD Negeri 02 Paseban, Jumapolo, Karanganyar at 2012/2013 academic year. Data collecting techniques used interviews, observations, documentations, and tests. The techniques of data analysis used analytical interactive model which consists of three components, those are data reduction, data display, and conclucion or verification. The result of this research was shown that the implementation of cooperative learning model type CIRC could improve the ability of finding main sentence in the paragraph at the fourth grade students of SD Negeri 02 Paseban, Jumapolo, Karanganyar at 2012/2013 academic year. The improvements can be seen by attainment of the minimum completeness criteria as 70. The percentage of classical completeness in the pre-cycle was 47,06% of 17 students. Increased in the first cycle became 70,59%, and the second cycle increased again became 100%. The conclusion of this research, implementation of cooperative learning model type CIRC could improve the ability of finding main sentence in the paragraph at the fourth grade students of SD Negeri 02 Paseban, Jumapolo, Karanganyar at 2012/2013 academic year. Beside it, cooperative learning model type CIRC could be implemented well by teacher. In the finding main sentence learning, class divided into groups CIRC. The group divided into two teams. Each team worked according to their duties. Team back to their groups to match the results of the team’s discussion. After finished the discussion, the representative of the group presented the results of their discussions. Keywords : Cooperative Integrated Reading and Composition, ability, finding, main sentence.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Depositing User: Noviana Daruwati Kusuma Adi
    Date Deposited: 15 Apr 2014 16:33
    Last Modified: 15 Apr 2014 16:33
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/11159

    Actions (login required)

    View Item