PENGEMBANGAN MODEL MODIFIKASI PERILAKU MELALUI "CONTINOUS REINFORCEMENT" DAN " PARTAI REINFORCEMENT" UNTUK MENGATASI KEBIASAAN "BURUK" ANAK DALAM BELAJAR

Yusuf, Munawir and legowo, Edy and Djatun, R. and Gunarhadi, (2014) PENGEMBANGAN MODEL MODIFIKASI PERILAKU MELALUI "CONTINOUS REINFORCEMENT" DAN " PARTAI REINFORCEMENT" UNTUK MENGATASI KEBIASAAN "BURUK" ANAK DALAM BELAJAR. JASSI Anakku Jurnal asesmen dan intervensi anak berkebutuhan khusus, 9 (1). ISSN 1412-9337

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (553Kb) | Preview

    Abstract

    penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan model modifikasi perilaku bagi anak dengan kebiasaan buruk dalam belajar dengan menerapkan "continous reinforcement" dan "partai reinforcement'. hasilnya diharapkan dapat merubah kebiasaan buruk anak serta meningkatkan prestasi belakjarnya. untuk mencapai tujuan tersebut, penelitian dilakukan dalam tiga tahap. pada tahap pertama (taun 2004) dilakukan dengan menghimpun data base yang diperukan dalam penelitian tahun ke-2, pada tahun ke dua difokuskan pada pengembangan produk penelitian berupa buku panduan modifikasi perilaku untuk mengatasi kebiasaan buruk anak dalam belajar, sebagai bahan pelatihan guru dan orang tua. pada tahun ketiga penelitian difokuskan pada implementasi buku panduan dan hasilnya menunjukkan bahwa seluruh guru dan orang tua berpendapat bahwa buku panduan yang dikembangan sangat positif, sebagian besar menyatakan bahwa mudah digunakan dan berdampak signifikan pada perubahan perilaku positif maupun prestasi belajar anak. berdasarkan hasil penelitiab tersebut direkomendasikan bahwa buku panduan modifikasi perilaku ini dapat didesiminasikan disekolah sekolah lain dengan memperhatikan latar belakang pendidikan orang tuanya.

    Item Type: Article
    Subjects: L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Depositing User: Devi Arlina Irawati
    Date Deposited: 15 Apr 2014 16:38
    Last Modified: 01 Sep 2016 12:03
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/11155

    Actions (login required)

    View Item