STUDI PERBANDINGAN PENGARUH TEKNIK PETA KONSEP DAN TEKNIK GAMING TERHADAP HASIL BELAJAR AKUNTANSI DITINJAU DARI MOTIVASI BELAJAR SISWA

WIYONO, (2013) STUDI PERBANDINGAN PENGARUH TEKNIK PETA KONSEP DAN TEKNIK GAMING TERHADAP HASIL BELAJAR AKUNTANSI DITINJAU DARI MOTIVASI BELAJAR SISWA. .

[img] Microsoft Word
Download (99Kb)

    Abstract

    Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) Perbedaan pengaruh teknik peta konsep dan teknik gaming terhadap hasil belajar akuntansi siswa; (2) Perbedaan pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar akuntansi siswa; (3) Interaksi pengaruh antara teknik pembelajaran dan motivasi belajar terhadap hasil belajar akuntansi siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kuantifatif dengan metode eksperimen semu. Pelaksanaan penelitian dimulai pada bulan Oktober 2010 sampai dengan Maret 2011. Populasi penelitian meliputi seluruh siswa kelas XI Jurusan Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) SMA Negeri 1 Surakarta. Sampel diambil dengan menggunakan teknik cluster random sampling, sebanyak 25 orang siswa pada kelas XI IPS 2 untuk diberikan treatment peta konsep dan 26 orang siswa pada kelas XI IPS 3 untuk diberikan treatment gaming. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dokumen, tes tertulis bentuk essay, tes kinerja, dan angket motivasi belajar siswa. Instrumen penelitian berupa tes tertulis bentuk essay dan angket motivasi belajar siswa diuji cobakan untuk mengetahui kelayakan instrumen penelitian. Hasil uji coba instrumen penelitian dianalisis dengan uji validitas isi, uji analisis butir soal, dan uji reliabilitas. Uji validitas isi, Uji analisis butir soal dan uji reliabilitas dilakukan dengan software SPSS. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial dengan menggunakan software MINITAB. Analisis statistik deskriptif digunakan untuk membedakan tingkat motivasi belajar siswa dalam kelompok dan menggambarkan hasil belajar akuntansi siswa. Analisis statistik inferensial digunakan untuk menguji hipotesis yang diajukan, yaitu dengan menggunakan analisis variansi dua jalan. Analisis variansi dua jalan mengharuskan untuk melakukan uji prasyarat analisis berupa uji normalitas dan uji homogenitas variansi. Uji normalitas dilakukan dengan menggunakan Anderson-Darling dan uji homogenitas variansi dilakukan dengan menggunakan uji F. Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan, dapat disimpulkan bahwa: (1) Terdapat perbedaan pengaruh secara signifikan penggunaan teknik peta konsep dan teknik gaming terhadap hasil belajar akuntansi siswa. Hal ini dibuktikan dengan Fhitung > Ftabel (7.94 > 4.06) pada taraf signifikansi 5%. (2) Terdapat perbedaan pengaruh secara signifikan antara tingkat motivasi belajar siswa tinggi dan tingkat motivasi belajar siswa rendah terhadap hasil belajar akuntansi siswa. Hal ini dibuktikan dengan Fhitung > Ftabel (449.19 > 4.06) pada taraf signifikansi 5%. (3) Terdapat interaksi pengaruh secara signifikan antara teknik pembelajaran dan tingkat motivasi belajar siswa terhadap hasil belajar akuntansi siswa. Hal ini dibuktikan dengan Fhitung > Ftabel (22.47 > 4.06) pada taraf signifikansi 5%. Kata kunci: Teknik peta konsep, teknik gaming, motivasi belajar siswa, hasil belajar akuntansi siswa.

    Item Type: Article
    Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
    H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
    Divisions: Pasca Sarjana > Magister
    Pasca Sarjana > Magister > Pendidikan Ekonomi
    Depositing User: Users 836 not found.
    Date Deposited: 08 Jul 2013 23:55
    Last Modified: 01 Sep 2016 12:09
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/1114

    Actions (login required)

    View Item