UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR LARI CEPAT MELALUI PENERAPAN PENDEKATAN BERMAIN PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 1 KANDANGGAMPANG KECAMATAN/KABUPATEN PURBALINGGA TAHUN PELAJARAN 2011/2012

Widiyanti, (2012) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR LARI CEPAT MELALUI PENERAPAN PENDEKATAN BERMAIN PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 1 KANDANGGAMPANG KECAMATAN/KABUPATEN PURBALINGGA TAHUN PELAJARAN 2011/2012. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (570Kb) | Preview

    Abstract

    ABSTRAK Widiyanti. “UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR LARI CEPAT MELALUI PENERAPAN PENDEKATAN BERMAIN PADA SISWA KELAS V SD NEGERI I KANDANGGAMPANG KECAMATAN/KABUPATEN PURBALINGGA TAHUN PELAJARAN 2011/2012”. Skripsi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta, Juli 2012. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar lari jarak pendek melalui penerapan pendekatan bermain di kelas V SD Negeri 1 Kandanggampang Kecamatan/Kabupaten Purbalingga. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian dilakukan melalui proses pengkajian berdaur yang terdiri empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi, dalam dua siklus perbaikan pembelajaran. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah adanya peningkatan hasil belajar lari cepat siswa kelas V SD Negeri 1 Kandanggampang Kecamatan/Kabupaten Purbalingga pada materi lari jarak pendek dengan jumlah 29 siswa. Di mana pada tahap pra tindakan (kondisi awal) jumlah siswa yang mengalami ketuntasan masih rendah, berjumlah 16 siswa atau 55,2 % belum tuntas, sedangkan siswa yang tuntas hanya berjumlah 13 siswa atau 44,8 %, tetapi setelah menggunakan pendekatan bermain pada siklus I siswa yang tuntas 21 siswa atau 72,4 % berarti 8 siswa (27,6%) belum tuntas. Pada siklus II, 28 siswa atau 96,6 % siswa telah memenuhi kriteria ketuntasan belajar. Berdasarkan hasil Penelitian dapat diambil kesimpulan sebagai berikut : 1) Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan dengan menggunakan pendekatan bermain dapat meningkatkan hasil belajar siswa. 2) Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan dengan menggunakan pendekatan bermain meningkatkan kemampuan siswa. Kata kunci : lari cepat, hasil belajar, pendekatan bermain ABSTRACT Widiyanti: “EFFORTS TO IMPROVE LEARNING RESULTS OF SPRINT THROUGH THE IMPLEMENTATION OF STUDENT APPROACHES TO PLAY IN CLASS V SD NEGERI 1 KANDANGGAMPANG KECAMATAN/KABUPATEN PURBALINGGA YEAR 2011/2012”. Thesis, Faculty of Education and Teacher Training, Universitas Sebelas Maret Surakarta, July 2012. The purpose of this study is to improve sprinting learning outcomes through the application of the approach play in class V SD Negeri 1 Kandanggampang Kecamatan/Kabupaten Purbalingga. The method used in this study is Classroom Action Research (PTK). The research conducted through the assessment process cycle consists of four stages, namely planning, implementation, observation, and reflection, in two cycles of learning improvement. The results of this study was an increase in student sprint learning outcomes class V SD Negeri 1 Kandanggampang Kecamatan/Kabupaten Purbalingga on the sprints material by the number of 29 students. Where the pre-action stage (initial conditions) the number of students who experienced low completeness, totaling 16 students, or 55.2% have not been completed, while the number of students who completed only 13 students or 44.8%, but after using the approach I play in the cycle students who complete 21 students or 72.4% which means 8 students (27.6%) was not finished. in cycle II, 28 students or 96.6% of students have met the completeness criteria studied. Based on research results, it can be concluded as follows : 1) Learning of Physical Education and Health Sport using playing approach can improve student learning outcomes. 2) Learning of Physical Education and Health Sport using playing approach increases the ability of students. Key words: sprint, learning outcomes, the play approach.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
    Depositing User: Nurrahma Restia
    Date Deposited: 03 May 2014 18:02
    Last Modified: 03 May 2014 18:02
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/11110

    Actions (login required)

    View Item