Pemanfaatan Varietas Introduksi Dalam Pengembangan Lengkeng Dataran Rendah (Dimocarpus longan Lour) Melalui Metoda Kultur Jaringan

Arniputri, Retna Bandriyati and Muliawati, Endang Setya and Aprillia, Khusnul (2011) Pemanfaatan Varietas Introduksi Dalam Pengembangan Lengkeng Dataran Rendah (Dimocarpus longan Lour) Melalui Metoda Kultur Jaringan. .

[img] Microsoft Word - Published Version
Download (25Kb)

    Abstract

    Lengkeng di dalam negeri perlu dikembangkan untuk mengganti besarnya pangsa pasar lengkeng impor yang membanjiri Indonesia. Melihat besarnya pasar dalam negeri maupun luar negeri , pengembangan lengkeng daerah-daerah dataran rendah yang luas dan harga bibit okulasi atau sambung pucuk masih cukup mahal, maka perlu segera dilakukan upaya percepatan dalam penyediaan bibit lengkeng dataran rendah, melalui penggunaan varietas introduksi di Indonesia dengan teknik kultur jaringan. Dengan kultur jaringan pelipatgandaan tunas dapat dilakukan dan true to tipe serta tidak tergantung musim. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan tunas pucuk lengkeng melalui multiplikasi tunas sebagai bahan batang atas dalam penyambungan dengan penggunaan berbagai jenis ZPT. Penelitian dilaksanakan di Lab Kultur Jaringan Jurusan Agronomi Fakultas Pertanian UNS, dengan menggunakan Rancangan Acak Lengkap dengan 2 faktor ZPT, Kinetin (0, 0.5, 1,2,3 ppm) dan IBA(0, 0.5, 1,2,3 ppm), dengan media dasar WPM. Variabel yang diamati adalah saaat muncul kalus, tunas, Jumlah tunas, tinggi tunas, warna kalus, tekstur kalus. Penggunaan berbagai konsentrasi IBA dan kinetin mampu merangsang pembentukan kalus dan tunas pada eksplan lengkeng dataran rendah (Dimocarpus longan Lour). Rata-rata kemunculan tunas tercepat pada perlakuan IBA 0,5 ppm dengan kinetin 1 ppm yaitu 63 HST. Perlakuan IBA 3 ppm dengan kinetin 0,5 ppm merupakan komposisi terbaik.

    Item Type: Article
    Subjects: Q Science > QK Botany
    S Agriculture > SB Plant culture
    Divisions: Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat - LPPM
    Depositing User: Miranda Nur Q. A.
    Date Deposited: 15 Apr 2014 04:18
    Last Modified: 15 Apr 2014 04:18
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/11095

    Actions (login required)

    View Item