UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR LOMPAT TINGGI DENGAN MENGGUNAKAN ALAT BANTU PEMBELAJARAN PADA SISWA KELAS 5 SEMESTER 2 SDN PESAREN 01 KECAMATAN WARUNGASEM KABUPATEN BATANG

Maryono, (2012) UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR LOMPAT TINGGI DENGAN MENGGUNAKAN ALAT BANTU PEMBELAJARAN PADA SISWA KELAS 5 SEMESTER 2 SDN PESAREN 01 KECAMATAN WARUNGASEM KABUPATEN BATANG. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (375Kb) | Preview

    Abstract

    ABSTRAK Maryono. UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR LOMPAT TINGGI DENGAN MENGGUNAKAN ALAT BANTU PEMBELAJARAN PADA SISWA KELAS 5 SEMESTER 2 SDN PESAREN 01 KECAMATAN WARUNGASEM KABUPATEN BATANG. Skripsi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta. Mei 2012. Tujuan penelitian tindakan ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar gerak dasar lompat tinggi melalui penggunaan alat bantu pada siswa kelas V SD Negeri Pesaeren 01 Kecamatan Warungasem Tahun Pelajaran 2011/2012 Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan kelas (PTK). Subjek Penelitian adalah siswa kelas V SD Negeri Pesaren 01 Kecamatan Warungasem. Tahun Pelajaran 2011/2012 yang berjumlah 30 orang, terdiri dari 17 orang siswa laki-laki dan 13 orang siswa perempuan. Teknik pengumpulan data adalah teknik tes dan non tes. Teknik tes digunakan untuk mendapatkan skor unjuk kerja yang ditunjukkan siswa pada pratindakan, siklus I, dan siklus II. Teknik non tes dilakukan dengan menggunakan observasi/pengamatan, dan wawancara. Observasi/ pengamatan dilakukan terhadap aktivitas belajar siswa pada saat proses pembelajaran berlangsung, aktivitas guru pada saat mengelola pembelajaran. Analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif, yaitu data kuantitatif dianalisis/diolah menggunakan desktiptif presentase. Data kualitatif yang berasal dari hasil observasi/pengamatan yang diklasifikasikan berdasarkan aspek-aspek yang diljadikan fokus penelitian. Data hasil kualitatif dikaitkan dengan data antar siklus maupun dengan indikator kinerja, dan pada akhirnya dibuat deskripsi keberhasilan pelaksanaan pembelajaran dengan ditandai semakin meningkatkan keterampilan siswa melakukan gerak dasar lompat tinggi. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan alat bantu dapat meningkatkan hasil belajar gerak dasar lompat tinggi pada siswa kelas V SD Negeri Pesaren 01 Kecamatan Warungasem Tahun Pelajaran 2011/2012. Peningkatan keterampilan siswa ditunjukan dengan meningkatkan hasil belajar siswa pada setiap akhir pembelajaran dalam dua siklus. Pada akhir siklus I mengalami peningkatan sebesar 7 %, yaitu dari nilai rata-rata kelas prasiklus, yaitu sebesar 58,0 menjadi 62,1. Pada akhir siklus II hasil belajar siswa mengalami kenaikan sebesar 25%, yaitu dari nilai rata-rata kelas prasiklus, yaitu sebesar 58,0 menjadi 73,8. Pada akhir siklus II sebanyak 25 orang (83%) dapat menuntaskan kompetensi dasar yang dipelajari. Artinya siswa tersebut nilai ulangan harian pada akhir pembelajaran adalah sama dengan atau lebih dari kriteria ketuntasan minimal (KKM) yang di tetapkan ,yaitu 70. Kata kunci : penggunaan alat bantu, hasil belajar, gerak dasar lompat tinggi ABSTRACT Maryono. The Effort to Increase the Ability of High Jump with Tools Kit Learning for the fifth grade Class Student of Pesaren 01 Elementary School in Warungasem Sub District Batang Regency. Thesis. Faculty of Teaching and Education Knoeledge Sebelas Maret University Surakarta. August 2012. The aim of this classroom’s research is increased the study’s result of base high jump ability through the use of tools Kit for the fifth grade Class Student of Pesaren 01 Elementary School in Warungasem Sub District Batang Regency in 2011/2012 Academic Year This research use classroom’s action research method. Subject of the research is the student of the fifth grade Class Student of Pesaren 01 Elementary School in Warungasem Batang in the academic year 2011/2012. The sum of the studen is thirty. The data’s collecting technique are test and non test. Test is used to get score of the student’s work which is shown at pra action, first action, and second action. Non test is done by using observation and interview. Observation is held at student’s activitywhen they are studying, and teacher’s activity when they are teaching. Analizying desciptive is used at quantitative data’s. And qualitative data’s from observation is classified by aspecs of the research. The qualitative datas is linked with the each action or result of work and finally the succes of action is made by description of increased result study of the studends to do high jump movement. Based on this research can be concluded that the game of base long jump can increase the student’s result for the fifth grade Class Student of Pesaren 01 Elementary School in Warungasem Sub District Batang Regency in 2011/2012 Academic Year. The increasing result skill is shown at the scor every action, from before action, first action and the second action. In the end of the first action has 7 % increasing poin, because the average from before action is 58.0 become 62.1. in the end of second action has 23% increasing poins, because the average become 73.8. and in the last action 25 students or 85% pupils can do their standart competency. This meant those students get score more than the minimal criteria which 70 must be reached in every evaluation. Key Words : the use of tool kit learning, study’s result, base high jump move

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
    Depositing User: Nurrahma Restia
    Date Deposited: 03 May 2014 18:03
    Last Modified: 03 May 2014 18:03
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/11087

    Actions (login required)

    View Item