Model Pemberdayaan Perempuan Miskin melalui Pengembangan Kewirausahaan Keluarga Menuju Ekonomi Kreatif di Kabupaten Karanganyar

Marwanti, Sri and Nurhaeni, Ismi Dwi Astuti (2011) Model Pemberdayaan Perempuan Miskin melalui Pengembangan Kewirausahaan Keluarga Menuju Ekonomi Kreatif di Kabupaten Karanganyar. .

[img] Microsoft Word (model PCIM, komponen model PCIM) - Published Version
Download (24Kb)

    Abstract

    Penelitian tahun ke dua (tahun 2011) ini menggarisbawahi uji coba model Pro-poor Capacity Improvement Model (PCIM) dalam lingkup terbatas, yakni di Desa Berjo Kecamatan Ngargoyoso Kabupaten Karanganyar. Hasil ujicoba model tersebut menunjukkan bahwa di dalam model PCIM tersebut masih terdapat beberapa kekurangan. Oleh karena itu model PCIM tersebut perlu direvisi dengan memasukkan komponen-komponen yang belum terakomodasi pada draf model PCIM yang disusun pada tahun pertama. Komponen-komponen tersebut merupakan bagian dari intervensi, yakni penguatan kelembagaan lokal dan perluasaan ruang partisipasi bagi perempuan miskin untuk mengembangkan kewirausahaan keluarga menuju ekonomi kreatif. Setelah model diperbaiki maka disusun lah buku panduan (modul) untuk mengimplementasikan model PCIM guna memberdayakan perempuan miskin melalui pengembangan kewirausahaan keluarga menuju ekonomi kreatif.

    Item Type: Article
    Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GF Human ecology. Anthropogeography
    Divisions: Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat - LPPM
    Depositing User: Miranda Nur Q. A.
    Date Deposited: 15 Apr 2014 03:23
    Last Modified: 15 Apr 2014 03:23
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/11077

    Actions (login required)

    View Item