Model Pengelolaan Tata Ruang Desa Ramah Lingkungan di Kawasan Pedesaan Lereng Gunung Lawu (Studi di Kecamatan Ngargoyoso Kabupaten Karanganyar)

Yudana, Galing and Pujiasmanto, Bambang and Widharyatmo, (2011) Model Pengelolaan Tata Ruang Desa Ramah Lingkungan di Kawasan Pedesaan Lereng Gunung Lawu (Studi di Kecamatan Ngargoyoso Kabupaten Karanganyar). .

[img] Microsoft Word (Model, Tata Ruang Desa, Ramah Lingkungan, Gunung Lawu) - Published Version
Download (25Kb)

    Abstract

    Penelitian ini adalah penelitian multi tahun yang telah mencapai tahun kedua tujuan penelitian pada tahun kedua adalah : 1). Menyusun buku ajar berbasis riset tentang model pengelolaan tata ruang desa ramah lingkungan di Kawasan Pedesaan Lereng Gunung Lawu untuk Matakuliah Studio Perencanaan Wilayah di Program Studi Perencanaan Wilayah dan Kota.; 2) Mengimplementasikan buku ajar berbasis riset melalui sosialisasi, evaluasi, dan revisi pada Matakuliah Studio Perencanaan Wilayah di Program Studi Perencanaan Wilayah; 3) Merekomendasikan buku ajar pada Program Studi Perencanaan Wilayah dan Kota untuk mendukung matakuliah Studio Perencanaan Wilayah. Metode penelitian tahun kedua ini adalah 1) pengintegrasian model dalam matakuliah dan pengimplementasani buku ajar melalui sosialisasi, evaluasi, dan revisi. Hasil pembahasan menyatakan bahwa dalam menyusun buku ajar perlu dilakukan pengintegrasian antara Model CBREM yang telah dirumuskan pada penelitian tahun pertama dengan matakuliah Studio perencanaan Wilayah mulai dari rencana kegiatan, pengumpulan data, analisis, rumusan potensi dan permasalahan, rumusan konsep perencanaan hingga penyusunan rencana pengembangan. Sedangkan untuk mengimplementasikan buku ajar dalam matakuliah Studio Perencanaan Wilayah dilakukan secara berkesinambungan untuk masing-masing tahapan proeses pembelajaran. Hasil buku ajar yag telah disempurnakan berdasarkan evaluasi dan revisi direkomendasikan pada Program Studi Perencanaan Wilayah dan Kota.

    Item Type: Article
    Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GF Human ecology. Anthropogeography
    Divisions: Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat - LPPM
    Depositing User: Miranda Nur Q. A.
    Date Deposited: 15 Apr 2014 03:17
    Last Modified: 15 Apr 2014 03:17
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/11073

    Actions (login required)

    View Item