PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP PERJUANGAN MASA PENJAJAHAN BELANDA DI PULAU JAWA MELALUI METODE CO-OP CO-OP PADA SISWA KELAS V SD NEGERI KRENDETAN, PURWOREJO TAHUN AJARAN 2012/2013

HANDAYANI, VENNY YEKTI (2013) PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP PERJUANGAN MASA PENJAJAHAN BELANDA DI PULAU JAWA MELALUI METODE CO-OP CO-OP PADA SISWA KELAS V SD NEGERI KRENDETAN, PURWOREJO TAHUN AJARAN 2012/2013. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF (perjuangan masa penjajahan Belanda di Pulau Jawa, metode Co-op Co-op, pemahaman konsep) - Published Version
Download (413Kb) | Preview

    Abstract

    Venny Yekti Handayani. K7109197. PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP PERJUANGAN MASA PENJAJAHAN BELANDA DI PULAU JAWA MELALUI METODE CO-OP CO-OP PADA SISWA KELAS V SD NEGERI KRENDETAN, PURWOREJO TAHUN AJARAN 2012/2013 Skripsi. Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta, April 2013. Tujuan penelitian ini adalah: Untuk meningkatkan pemahaman konsep perjuangan masa penjajahan Belanda di Pulau Jawa melalui metode Co-op Co-op pada siswa kelas V SD Negeri Krendetan, Purworejo tahun ajaran 2012/2013. Bentuk penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas ,sebanyak dua siklus. Tiap siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri Krendetan, Purworejo Tahun Ajaran 2012/2013 yang berjumlah 19 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Uji validitas data pada penelitian ini menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Teknik analisis data yang digunakan adalah model analisis interaktif (Miles & Huberman) yang terdiri dari tiga komponen yaitu reduksi data, sajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilaksanakan dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan metode Co-Op Co-Op dapat meningkatkan pemahaman konsep perjuangan masa penjajahan Belanda di Pulau Jawa pada peserta didik kelas V SD Negeri Krendetan, Purworejo tahun ajaran 2012/2013. Peningkatan pemahaman konsep tersebut dapat dibuktikan dengan meningkatnya nilai pemahaman konsep peserta didik pada setiap siklus yaitu nilai rata-rata penerapan konsep peserta didik saat kondisi awal hanya sebesar 61,6, pada siklus I nilai rata-rata penerapan konsep peserta didik menjadi 68,7, dan pada siklus II meningkat menjadi 89,2. Sebelum dilaksanakan tindakan, peserta didik yang memperoleh nilai diatas KKM (75) hanya sebanyak 9 peserta didik (47%), pada siklus I meningkat menjadi 10 peserta didik (53%), dan pada siklus II meningkat lagi menjadi 19 peserta didik (100%).

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > LA History of education
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Depositing User: Vignasari Kokasih
    Date Deposited: 15 Apr 2014 02:53
    Last Modified: 15 Apr 2014 02:53
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/11060

    Actions (login required)

    View Item