EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN MELAKSANAKAN PEKERJAAN SURVEI DASAR MELALUI MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI PADA SISWA KELAS X TGB SMK NEGERI 5 SURAKARTA

KURNIAWAN, NOVA (2013) EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN MELAKSANAKAN PEKERJAAN SURVEI DASAR MELALUI MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI PADA SISWA KELAS X TGB SMK NEGERI 5 SURAKARTA. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (548Kb) | Preview

    Abstract

    Nova Kurniawan. EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN MELAKSANAKAN PEKERJAAN SURVEI DASAR MELALUI MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI PADA SISWA KELAS X TGB SMK NEGERI 5 SURAKARTA. Skripsi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta. Juli 2013 Berdasarkan data dan pengalaman mengajar di SMK Negeri 5 Surakarta selama 3 bulan mengajar, bahwa sebagian besar siswa kelas X TGB mengalami kesulitan dalam menyelesaikan soal-soal dalam mata pelajaran MPSD. Kesulitan yang dialami siswa menyelesaikan soal-soal disebabkan karena siswa kurang mampu dalam memahami materi tersebut. Selanjutnya dalam penelitian ini akan dicoba dengan model pembelajaran inkuiri sebagai salah satu alternatif untuk meningkatkan masalah tersebut. Tujuan penelitian ini secara umum untuk menjadikan siswa lebih aktif dalam mengikuti kegiatan belajar mengajar di kelas, menjadikan siswa terampil dan berani mengemukakan pendapatnya serta meningkatkan hasil belajar siswa khususnya dalam mata pelajaran MPSD. Penelitian ini mengambil lokasi di kelas X TGB SMK N 5 Surakarta berjumlah 21 siswa Sebagian besar siswanya pasif dalam kegiatan belajar mengajar dan banyak siswa yang mengalami kesulitan dalam memahami materi pelajaran tentang melaksanakan pekerjaan survei dasar (MPSD). Faktor yang diselidiki adalah rendahnya keberanian bertanya siswa dan penggunaan metode atau model pembelajaran yang kurang tepat. Dalam rencana tindakan diawali dengan membuat skenario pembelajaran dengan model pembelajaran inkuiri, membuat lembar observasi dan mendesain alat evaluasi. Kemudian dalam pelaksanaan tindakan pembelajaran peneliti atau kolaborator yang diberi tugas untuk mengamati dan mencatat semua peristiwa atau hal yang terjadi di kelas penelitian sesuai dengan instrumen yang direncanakan. Pada penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dua tindakan, yang tindakan pertama persentase hasil belajar adalah 66,70% dan tindakan kedua 85,71%. Tahap berikutnya dilakukan observasi. Pada tahap observasi data dikumpulkan, dianalisis dan direfleksi. Kesimpulan dari penelitian ini adalah dengan menggunakan model pembelajaran inkuiri hasil belajar siswa meningkat, siswa menjadi lebih aktif dalam mengikuti kegiatan belajar mengajar di kelas dan siswa menjadi terampil serta berani mengemukakan pendapatnya dalam proses pembelajaran.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > LG Individual institutions (Asia. Africa)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Teknik Bangunan
    Depositing User: Vignasari Kokasih
    Date Deposited: 15 Apr 2014 01:54
    Last Modified: 15 Apr 2014 01:54
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/11033

    Actions (login required)

    View Item