Analisis Nilai Pembuktian dan Kekuatan Pembuktian Short Message Service (SMS) dalam Proses Pembuktian Pidana Berdasar Kitab Undang-undang Hukum Acara Pidana (Studi Kasus Nomor 1114/pid/B/2006/PN.JKT.TIM)

Satriavi, Grecy Laurantia Lintang (2013) Analisis Nilai Pembuktian dan Kekuatan Pembuktian Short Message Service (SMS) dalam Proses Pembuktian Pidana Berdasar Kitab Undang-undang Hukum Acara Pidana (Studi Kasus Nomor 1114/pid/B/2006/PN.JKT.TIM). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF ( alat bukti SMS, nilai pembuktian, kekuatan pembuktian) - Published Version
Download (432Kb) | Preview

    Abstract

    Grecy Laurantia Lintang Satriavi E0006138. 2013. ANALISIS NILAI PEMBUKTIAN DAN KEKUATAN PEMBUKTIAN SHORT MESSAGE SERVICE (SMS) DALAM PROSES PEMBUKTIAN PIDANA BERDASAR KITAB UNDANG-UNDANG HUKUM ACARA PIDANA (STUDI KASUS NOMOR 1114/Pid/B/2006/PN.Jkt.Tim). Fakultas Hukum Universitas Sebelas Maret. Penulisan hukum ini bertujuan untuk mengkaji lebih lanjut nilai pembuktian dan kekuatan pembuktian SMS sebagai alat bukti dalam proses peradilan dalam putusan nomor : 1114/Pid/B/2006/PN.Jkt.Tim. Penulisan hukum ini merupakan penulisan hukum normatif yang bersifat preskriptif, menggunakan pendekatan kasus. Penulisan ini menggunakan bahan hukum primer dan sekunder. Metode dalam pengumpulan bahan hukum tersebut adalah studi kepustakaan. Bahan hukum yang telah terkumpul kemudian dianalisis dengan pendekatan kasus (case approach). Berdasarkan hasil penelitian yang dituangkan dalam pembahasan ditarik kesimpulan bahwa SMS dapat digunakan sebagai alat bukti dengan cara mengkategorikan SMS sebagai alat bukti surat lain dan alat bukti petunjuk. Namun dalam praktek peradilan, ala bukti SMS masih sering dihindari penggunaannya karenadianggap terlalu rumit dan terlalu susah pembuktiannya. Padahal hal itu dapat menghambat proses penegakkan hukum demi tercapainya keadilan di masyarakat.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: K Law > K Law (General)
    Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
    Depositing User: Vignasari Kokasih
    Date Deposited: 15 Apr 2014 01:06
    Last Modified: 15 Apr 2014 01:06
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/11020

    Actions (login required)

    View Item