SENI LUKIS KALIGRAFI KONTEMPORER ARAB DAN JAWA KARYA ABDUL CHAMIM GALERI GENTONG MIRING DI KECAMATAN SLUKE KABUPATEN REMBANG (ANALISIS TEKNIK, BENTUK DAN MAKNA)

DEWI , RAHMA SANTIKA (2013) SENI LUKIS KALIGRAFI KONTEMPORER ARAB DAN JAWA KARYA ABDUL CHAMIM GALERI GENTONG MIRING DI KECAMATAN SLUKE KABUPATEN REMBANG (ANALISIS TEKNIK, BENTUK DAN MAKNA). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (430Kb) | Preview

    Abstract

    commit to user ix ABSTRACK Rahma Santika Dewi. ARABIC CALLIGRAPHY PAINTING CONTEMPORARY ART AND JAVA WORKS GENTONG MIRING GALLERY ABDUL CHAMIM, SUB-DISTRICT SLUKE, REMBANG (ANALYSIS TECHNIQUES, FORM AND MEANING ). Thesis, Faculty of Teacher Training and Education University of March Surakarta. July, 2013. The purpose of this study to determine: (1) Abdul Chamim background in the production of a work, (2) processes Abdul Chamim calligraphy work on Gentong Miring art gallery Sluke about of ideas, techniques, materials equipment, personal style, and type of work, (3) visualization aspects of techniques, form, and meaning in terms of the icons used in calligraphy, (4) public opinion about the art of calligraphy Abdul Chamim. This research is a form of single case studies rooted. Sources of data used in the form of informant, places and events, archives and documents as well as the work. Data collection techniques used interviews, observation, and documentation. The sampling technique used purposive sampling. The validity of data is achieved by using triangulation of data and review of informants. Data analysis techniques used include interactive: data reduction, data presentation, inference or verification. It can be concluded that: 1) Background Abdul Chamim contemporary calligraphic work is his view on the anxiety of what is going on around him with raised social values, religion, politics and culture. (2) a. Abdul Chamim work process has several aspects that aesthetic experience, artistic process as well as the calligraphy work. b. The stage in the work include preparation tools and materials, phase formation, staining until finishing. (3) Visualization has a unique work of Abdul Chamim can visualize ideas to consider adjustments to the theme and the elements so that a proper composition and show the techniques, form, and meaning. (4) The opinion of the district that Abdul Chamim is an artist who long struggled in the arts especially painting calligraphy and his presence now bring enlightenment and became the inspiration for other. Keywords: painting, calligraphy, processes, techniques, visualization. Rahma Santika Dewi. SENI LUKIS KALIGRAFI KONTEMPORER ARAB DAN JAWA KARYA ABDUL CHAMIM GALERI GENTONG MIRING DI KECAMATAN SLUKE KABUPATEN REMBANG (ANALISIS TEKNIK, BENTUK, DAN MAKNA). Skripsi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta. Juli, 2013. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: (1) latar belakang Abdul Chamim dalam pembuatan karya, (2) proses berkarya kaligrafi Abdul Chamim di galeri Gentong Miring Sluke Rembang ditinjau dari ide, teknik, alat bahan, gaya pribadi, dan jenis karya , (3) Visualisasi yang ditinjau dari aspek teknik, bentuk, dan makna ikon yang digunakan pada karya kaligrafi, (4) pendapat masyarakat kabupaten Rembang tentang seni kaligrafi Abdul Chamim. Bentuk penelitian ini adalah studi kasus tunggal terpancang. Sumber data yang digunakan berupa informan, tempat dan peristiwa, arsip dan dokumen serta hasil karya. Teknik pengumpulan data yang digunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik sampling yang digunakan purposive sampling. Validitas data dicapai dengan menggunakan triangulasi data dan review informan. Teknik analisis data yang digunakan interaktif meliputi: reduksi data, sajian data, penarikan kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: 1) Latar belakang Abdul Chamim berkarya kaligrafi kontemporer merupakan pandangannya pada kegelisahan terhadap apa yang terjadi disekitarnya dengan mengangkat nilai-nilai sosial, agama, politik dan budaya. (2) a. Proses berkarya Abdul Chamim mempunyai beberapa aspek yakni pengalaman estetik, proses artistik serta proses berkarya kaligrafi. b. Tahapan dalam pembuatan karya meliputi tahap persiapan alat dan bahan, tahap pembentukan, pewarnaan sampai finishing. (3) Visualisasi karya Abdul Chamim mempunyai keunikan dapat memvisualisasikan gagasan yang mempertimbangkan penyesuaian tema dan elemen-elemen atau ikon sehingga menjadi komposisi tepat yang menampilkan teknik, bentuk, dan makna. (4) Pendapat masyarakat kabupaten Rembang bahwa Abdul Chamim merupakan seniman yang lama bergelut di bidang kesenian khususnya seni lukis kaligrafi dan kini kehadirannya membawa pencerahan serta menjadi inspirator bagi masyarakat. Kata kunci: seni lukis, kaligrafi, proses, teknik, visualisasi.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    N Fine Arts > ND Painting
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Seni Rupa
    Depositing User: Tri Wahyu Prasetyo
    Date Deposited: 15 Apr 2014 00:49
    Last Modified: 15 Apr 2014 00:49
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/11005

    Actions (login required)

    View Item