ANALISIS PENGHAMBAT PENYELESAIAN STUDI MAHASISWA S1 PROGRAM STUDI PENDIDIKAN TEKNIK MESIN JURUSAN PENDIDIKAN TEKNIK DAN KEJURUAN FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS SEBELAS MARET SURAKARTA

Kusnendar, Febriyanto (2012) ANALISIS PENGHAMBAT PENYELESAIAN STUDI MAHASISWA S1 PROGRAM STUDI PENDIDIKAN TEKNIK MESIN JURUSAN PENDIDIKAN TEKNIK DAN KEJURUAN FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS SEBELAS MARET SURAKARTA. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (815Kb) | Preview

    Abstract

    ABSTRAK Febriyanto Kusnendar. ANALISIS PENGHAMBAT PENYELESAIAN STUDI MAHASISWA S1 PROGRAM STUDI PENDIDIKAN TEKNIK MESIN JURUSAN PENDIDIKAN TEKNIK DAN KEJURUAN FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS SEBELAS MARET SURAKARTA. Skripsi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta. Oktober 2012. Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh pengetahuan mengenai faktor intern dan faktor ekstern yang menjadi penghambat penyelesaian studi dalam penulisan skripsi mahasiswa S1 program studi PTM JPTK FKIP UNS Surakarta. Penelitian ini termasuk penelitian evaluasi dengan menggunakan metode deskriptif melalui pendekatan kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini seluruh mahasiswa PTM JPTK FKIP UNS angkatan 2006, 2007, dan 2008. Sampel diambil dengan teknik purposive sampling. Sampel penelitian dalam penelitian ini adalah mahasiswa PTM JPTK FKIP UNS angkatan 2006, 2007, dan 2008 yang mengambil mata kuliah skripsi. Teknik pengumpulan datanya adalah studi dokumentasi, angket, wawancara, dan observasi. Validitas data yang digunakan dengan menggunakan triangulasi data dan triangulasi metodologis. Teknik analisis data dalam penelitian ini yaitu menggunakan analisis data kualitatif model analisis interaktif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa besarnya faktor intern dan faktor ekstern tersebut mempengaruhi penyelesaian studi mahasiswa S1 Pendidikan Teknik Mesin JPTK FKIP UNS Surakarta antara lain: Faktor intern (1) Faktor kesehatan menjadi penghambat karena informan pernah mengalami sakit, walaupun sakit yang dideritanya tidak parah. (2) Faktor psikologis menjadi penghambat karena informan mengatakan bahwa kurangnya motivasi, rasa malas yang muncul, pernah mengeluh menjadi penghambat untuk menyelesaikan skripsi. (3) Faktor kelelahan menjadi penghambat karena informan mengatakan bahwa kelelahan timbul karena lelah dengan kegiatan yang lain, kurang bisa membagi waktu antara kegiatan lain dengan skripsi, istirahat yang kurang sehingga sulit berkonsentrasi. Faktor ekstern (1) Faktor keluarga menjadi penghambat karena informan mengatakan bahwa dukungan orang tua yang kurang, fasilitas belajar yang kurang, dan suasana rumah/kos yang kurang nyaman untuk mengerjakan skripsi mempengaruhi penyelesaian skripsi. (2) Faktor teman bergaul menjadi penghambat karena informan mengalami kesulitan untuk mencari teman yang bisa diajak sharing mengenai skripsi yang diambilnya. Kendala lainnya yaitu intensitas bermain yang banyak sehingga menghambat penyelesaian skripsi. (3) Faktor bimbingan dengan dosen menjadi penghambat karena informan mengalami kesulitan untuk bertemu dengan dosen pembimbing untuk konsultasi dikarenakan kesibukan dosen pembimbing. Kendala lainnya yaitu informan mengalami kesulitan menentukan langkah selanjutnya setelah konsultasi dengan dosen pembimbing dan intensitas konsultasi yang rendah. (4) Faktor referensi mahasiswa menjadi penghambat karena informan mengatakan bahwa informan mengalami kesulitan dalam mengumpulkan materi yang menunjang. (5) Faktor administratif skripsi menjadi penghambat karena informan mengatakan bahwa informan mengalami kesulitan karena birokrasi yang jauh menjadikan malas mengurus perijinan dan kesulitan dalam pengajuan judul. Faktor yang paling dominan yang menghambat penyelesaian studi mahasiswa S1 PTM JPTK FKIP UNS Surakarta antara lain: (1) Faktor intern yaitu faktor kesehatan, faktor kelelahan, dan faktor psikologis. (2) Faktor ekstern yaitu faktor bimbingan dengan dosen, faktor keluarga, faktor teman bergaul, faktor referensi mahasiswa, dan faktor administratif skripsi. Kata kunci: analisis penghambat, penyelesaian studi, mahasiswa S1, skripsi ABSTRACT Febriyanto Kusnendar. ANALYSIS OF INHIBITORS COMPLETION OF THE STUDY STUDENT S1 IN EDUCATIONAL STUDY PROGRAM MECHANICAL ENGINEERING IN DEPARTMENT OF EDUCATION AND VOCATIONAL TECHNICAL EDUCATION IN SEBELAS MARET UNIVERSITY OF SURAKARTA. Thesis, The Faculty of Teacher Training and Education, Sebelas Maret University of Surakarta. October 2012. The purpose of the research is to acquire knowledge about the internal factors and external factors are inhibitor to complete of the study in thesis writing student S1 in PTM JPTK UNS Surakarta. This research includes evaluation research using descriptive method with qualitative and quantitative approaches. The source in this research are all students Mechanical Engineering Education JPTK FKIP UNS Surakarta class of 2006, 2007, and 2008. The sample is taken by using sampling purposive technique. The sample in this research are students Mechanical Engineering Education JPTK FKIP UNS Surakarta class of 2006, 2007, and 2008 which take courses thesis. The number of sample Data collected by using documentation techniques, questionnaire, interview, and observation. Data validity data examined by using data and methodological triangulations. Data analysis technique used in this research is analysis of qualitative data with interactive analysis. The results of the research indicated that the bigness of internal factors and external factors affecting the completion of the study student S1 Mechanical Engineering Education JPTK FKIP UNS Surakarta, among others: Internal factors (1) Health factors including become inhibitors because the informant never experienced the sick, although bad off. (2) Psychological factors become inhibitors because the informant said that a lack of motivation, laziness that comes up, never complained a barrier to complete the thesis. (3) Fatigue factors become inhibitors because the informant said that fatigue caused by tired with the activities of other, less able to divide their time between other activities with the thesis, the rest less so difficult to concentrate. External factors (1) Family factors become inhibitors because the informant said that parental support is lacking, study facilities are lacking, and the atmosphere of the house / boarding house less comfortable to work on thesis affect the completion of the thesis. (2) Friends factors become inhibitors because the informant difficult to find a friend who can be invited to share the thesis taken. Another obstacle is intensity of play that much so inhibitor the completion of the thesis. (3) Guidance by professors factors become inhibitors because the informant difficult to meet with lecturers for consultation because busy lecturers. Another obstacle are informants had difficulty determining the next steps in consultation with lecturers and consultation low intensity. (4) Student reference factors become inhibitors because the informant said that informants had difficulty in collecting material support. (5) Administrative thesis factors become inhibitors because the informant said that the informant had trouble because of the bureaucracy that far makes lazy to take care of licensing, difficulty in filing the title. The most dominant factor that inhibits completion of studies students PTM fatigue factors, and psychological factors. (2) External factors is guidance by professors factors, family factors, friends factors, student reference factors, and administrative thesis factors. Key words: inhibitor analysis, study completion, student S1, thesis

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Teknik Mesin
    Depositing User: Nurrahma Restia
    Date Deposited: 03 May 2014 18:04
    Last Modified: 03 May 2014 18:04
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/10979

    Actions (login required)

    View Item