OPTIMALISASI PEMBELAJARAN SEJARAH MELALUI IMPLEMENTASI MODEL KOOPERATIF TIPE GI (GROUP INVESTIGATION) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA DI SMA NEGERI 2 NGAWI

Yunarni, Endah (2012) OPTIMALISASI PEMBELAJARAN SEJARAH MELALUI IMPLEMENTASI MODEL KOOPERATIF TIPE GI (GROUP INVESTIGATION) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA DI SMA NEGERI 2 NGAWI. Masters thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (1045Kb) | Preview

    Abstract

    ABSTRAK Endah Yunarni, S861102005. OPTIMALISASI PEMBELAJARAN SEJARAH MELALUI IMPLEMENTASI MODEL KOOPERATIF TIPE GI (GROUP INVESTIGATION) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERFIKIR KRITIS SISWA DI SMA NEGERI 2 NGAWI.Dosen Pembimbing : 1). Prof. Dr. Budiyono, M.Sc, 2). Dr. Budhi Setiawan, M.Pd.Tesis : Program Studi Pendidikan Sejarah, Pragram Pasca Sarjana Universitas Sebelas Maret Surakarta. 2012 Tujuan dalam penelitian ini adalah : Untuk mengetahui apakah dengan penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe GI (Group Investigation) kemampuan berpikir kritis siswa kelas XB SMA Negeri 2 Ngawi dapat ditingkatkan dan untuk mengetahui apakah dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe GI (Group Investigation) prestasi belajar sejarah siswa kelas XB SMA Negeri 2 dapat ditingkatkan. Bertolak dari tujuan penelitian tersebut maka peneliti menggunakan prosedur penelitian adalah menggunakan rancangan penelitian tindakan yang dilaksanakan di kelas, sehingga disebut Penilaian Tindakan Kelas (PTK) . Satu Siklus teridiri dari dua pertemuan, pertemuan pertama untuk menerangkan konsep dan pertemuan kedua untuk pelaksanaan tes akhir siklus. Maingmasing siklus dalam penelitian ini terdiri dari empat tahap yaitu: perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Metode penelitian menggunakan observasi atau pengamatan terhadap kemampuan berpikir kritis siswa dengan 8 indikator dan tes kognitif siswa untuk mengetahui prestasi belajar siswa. Berdasarkan hasil analisa diperoleh hasil untuk kemampuan berpikir kritis siswa yang menggunakan 8 indikator dan dari masing-masing indikator pada siklus I sebesar 6,25%, siklus II sebesar 34,37% dan pada siklus III sudah mencapai 75 %, sehingga menuntut siswa untuk aktif dalam pembelajaran, untuk menemukan sendiri pengetahuannya, untuk memecahkan masalahnya sendiri, sedangkan untuk ketuntasan hasil belajar diperoleh hasil pada siklus I 46,88%, siklus II sebesar 65,83% dan siklus III sebesar 87,50%. Dari hasil penelitian tindakan kelas menunjukkan semua unsur yang diteliti yaitu kemampuan berpikir kritis siswa dan prestasi belajar sejarah akhir siklus semua mengarah pada peningkatan hasil yang semakin baik mulai siklus I, siklus II dan siklus III Kata Kunci : Model pembelajaran kooperatif Tipe Group Investigation, Kemampuan Berpikir Kritis dan Prestasi belajar. ABSTRACT Endah Yunarni , S861102005. THE OPTIMALIZATION OF HISTORY TEACHING THROUGH COOPERATIVE MODEL IMPLEMENTATION GI TYPE TO INCREASE THE ABILITY OF STUDENT CRITICAL THOUGHT IN S M A 2 NGAWI. First Admission of supervision Prof, Dr Budiyono . Second Admission of supervision Dr. Budhi Setiawan , M. Pd ,Thesis: Postgraduate Program in History Education . Sebelas Maret University of Surakarta.2012 The objection of this research is aimed to know whether the usage of cooperative model implementation GI type ( group Investigation) can improve the ability of student critical thought, and to know whether this model can increase the student achievement in learning history at XB graders SMA 2 NGAWI . According to The objection of this research, so the researcher use research procedure, It is using action research plan which is done in the class, that is why it is called Classroom Action Research ( CAR ), one cycle consists of two meeting, the first meeting for explaining the concept and the second meeting for implementing the last cycle test. In this research every cycle consists of four stages : Planning , Acting , Observing , and Reflecting. Research methode use observation or examination toward the ability of student critical thought with 8 indicators, and students cognitive test for knowing the student learning achievement. Based on the analysis result shows that the ability of student critical thought with 8 indicators, and every indicator at the first cycle got 6,25 % , second cycle got 34,37% , and at the third cycle has reached ≥75% , so that requires the student to be more active to inquire the answer in learning process , to solve their own problem . Meanwhile for student learning completeness at the first cycle got 46,88%, the second cycle got 65,83%, and the third cycle got 87.50% . from the result of the classroom action research show that all of the element which is examined ( the ability of student critical thought and the student history perpustakaan.uns.ac.id digilib.uns.ac.id commit to user xvi learning achievement) At the last cycle show the increasing of the result getting better from I cycle, II cycle , and III cycle . Keywords : cooperative learning model group Investigation type, critical thought, And study achievement.

    Item Type: Thesis (Masters)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Pasca Sarjana > Magister > Pendidikan Sejarah - S2
    Depositing User: Nurrahma Restia
    Date Deposited: 14 Apr 2014 23:23
    Last Modified: 14 Apr 2014 23:23
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/10962

    Actions (login required)

    View Item