Fleksibilitas Manufaktur dan Fleksibilitas Jangkauan : Hubungan Antara Kompetensi, Kapabilitas dan Kepuasan Pelanggan (Studi pada Industri Batik di Surakarta)

Rahardian, Reza and Suyono, Joko (2012) Fleksibilitas Manufaktur dan Fleksibilitas Jangkauan : Hubungan Antara Kompetensi, Kapabilitas dan Kepuasan Pelanggan (Studi pada Industri Batik di Surakarta). .

[img] Microsoft Word - Published Version
Download (25Kb)

    Abstract

    Penelitian ini menguji secara empiris mengenai hubungan antara kompetensi fleksibilitas manufaktur, kapabilitas fleksibilitas manufaktur, kompetensi fleksibilitas jangkauan, kapabilitas fleksibilitas jangkauan, dan kepuasan pelanggan dengan konteks perusahaan batik di Surakarta. Pengukuran variabel yang digunakan mengadopsi pengukuran variabel yang digunakan oleh Zhang dkk., (2001) untuk variabel kompetensi fleksibilitas manufaktur, kapabilitas fleksibilitas manufaktur dan Zhang dkk., (2006) untuk variabel kompetensi fleksibilitas jangkauan, kapabilitas fleksibilitas jangkauan, dan kepuasan pelanggan. Pengumpulan data dilakukan melalui survei menggunakan kuisioner dengan convinience sampling kepada 38 perusahaan batik di Surakarta. Tingkat penerimaan kuisioner yang dapat diolah sebanyak 36 dengan persentase 94,73%. Penelitian ini menggunakan Partial Least Square untuk menguji model penelitian yang digunakan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kompetensi fleksbilitas manufaktur memiliki pengaruh positif pada kapabilitas fleksibilitas manufaktur perusahaan, dan kapabilitas fleksibilitas manufaktur perusahaan tidak berpengaruh pada kepuasan pelanggan. Sedangkan kompetensi fleksibilitias jangkauan berpengaruh positif pada kapabilitas fleksibilitas jangkauan, selanjutnya kapabilitas fleksibilitas jangkauan berpengaruh positif pada kepuasan pelanggan. Penelitian di masa mendatang sebaiknya dilakukan dalam cakupan wilayah yang lebih luas agar hasilnya dapat digunakan untuk generalisasi. Selain itu, juga diperlukan pengukuran kepuasan pelanggan dari persepsi pelanggan secara langsung. Dari perspektif praktis, hubungan antara kompetensi fleksibilitas manufaktur, kapabilitas fleksibilitas manufaktur, kompetensi fleksibilitas jangkauan, kapabilitas fleksibilitas jangkauan, dan kepuasan pelanggan dapat memberikan petunjuk bagi pihak-pihak yang berkepentingan dapat mengembangkan langkah-langkah strategis untuk meningkatkan kepuasan pelanggan dalam rangka mewujudkan keunggulan bersaing yang berkelanjutan.

    Item Type: Article
    Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
    Divisions: Fakultas Ekonomi
    Depositing User: Lynda Rahmawati
    Date Deposited: 14 Apr 2014 23:11
    Last Modified: 14 Apr 2014 23:11
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/10945

    Actions (login required)

    View Item