ANALISIS HUBUNGAN PROPORSI PENGELUARAN DAN KONSUMSI PANGAN DENGAN KETAHANAN PANGAN RUMAH TANGGA PETANI DI KECAMATAN SEWON KABUPATEN BANTUL

Ekayana, Atika (2013) ANALISIS HUBUNGAN PROPORSI PENGELUARAN DAN KONSUMSI PANGAN DENGAN KETAHANAN PANGAN RUMAH TANGGA PETANI DI KECAMATAN SEWON KABUPATEN BANTUL. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (194Kb) | Preview

    Abstract

    Atika Ekayana. H0809018. Analisis Hubungan Proporsi Pengeluaran dan Konsumsi Pangan Dengan Ketahanan Pangan Rumah Tangga Petani di Kecamatan Sewon Kabupaten Bantul. Fakultas Pertanian Universitas Sebelas Maret Surakarta. Di bawah bimbingan Dr. Ir. Eny Lestari., MSi dan RR. Aulia Qonita,SP., MP. Penelitian ini bertujuan mengetahui besar proporsi pengeluaran konsumsi pangan terhadap pengeluaran rumah tangga petani, besar konsumsi energi dan protein rumah tangga petani di Kecamatan Sewon Kabupaten Bantul, mengetahui hubungan antara proporsi pengeluaran konsumsi pangan dari total pengeluaran dengan konsumsi energi rumah tangga petani, kondisi ketahanan pangan rumah tangga petani di Kecamatan Sewon Kabupaten Bantul berdasarkan indikator proporsi pengeluaran pangan dan kecukupan konsumsi energi. Metode dasar penelitian adalah deskriptif analitis dengan menggunakan teknik survei. Penelitian dilakukan di Desa Panggungharjo dan Desa Pendowoharjo Kecamatan Sewon Kabupaten Bantul yang lokasi ini dipilih secara purposive. Sampel yang diambil dalam penelitian ini yaitu 60 Rumah Tangga Petani padi sawah di dua desa yaitu Desa Panggungharjo dan Desa Pendowoharjo dengan penentuan jumlah sampel secara proporsional. Data yang digunakan dalam penelitian adalah data primer dan data sekunder yang dikumpulkan dengan teknik wawancara, pencatatan dan observasi. Analisis perhitungan yang digunakan adalah analisis pendapatan, pengeluaran konsumsi dan proporsi pengeluaran pangan berbanding dengan proporsi total pengeluaran pangan. Untuk menilai konsumsi pangan secara kuantitatif digunakan parameter Tingkat Konsumsi Energi (TKE) dan Tingkat Konsumsi Protein (TKP), untuk dapat melihat hubungan antara pengeluaran pangan dengan konsumsi energi menggunakan metode koefisien korelasi Pearson atau Product Moment Coefficient of Correlation serta dalam menentukan tingkat ketahanan pangan ditentukan dengan menggunakan indikator pangsa pengeluaran pangan dan kecukupan konsumsi energi.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: Q Science > Q Science (General)
    S Agriculture > S Agriculture (General)
    Divisions: Fakultas Pertanian
    Depositing User: Prima Adi Pradana
    Date Deposited: 14 Apr 2014 23:12
    Last Modified: 14 Apr 2014 23:12
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/10944

    Actions (login required)

    View Item