Analisis Reaksi Pasar terhadap Pengumuman Pergantian Chief Executive Officer di Indonesia

Setiawan, Doddy and Suranta, Sri and Sudaryono, Eko Arief (2012) Analisis Reaksi Pasar terhadap Pengumuman Pergantian Chief Executive Officer di Indonesia. .

[img] Microsoft Word - Published Version
Download (28Kb)

    Abstract

    Penelitian ini bertujuan untuk menguji reaksi pasar terhadap pengumuman pergantian CEO di Indonesia pada periode 2000 – 2010. Pengujian raksi pasar menggunakan tiga metode: abnormal return, varian return sekuritas dan volume perdagangan. Sampel penelitian ini sebanyak 213 pengumuman pergantian CEO yang terbagi menjadi: 124 pergantian CEO secara rutin, 89 pergantian CEO secara nonrutin, 112 CEO pengganti yang berasal dari dalam perusahaan, 101 CEO pengganti yang berasal dari luar perusahaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa investor di Indonesia bereaksi positif terhadap pengumuman pergantian CEO. Investor di Indonesia mengnaggap pengumuman pergantian CEO merupakan kabar baik, sehingga mereka bereaksi positif. Hal ini menunjukkan pengumuman pergantian CEO mengandung informasi yang baik bagi investor. Penelitian selanjutnya dengan memperhatikan proses pergantian menunjukkan investor di Indonesia bereaksi positif terhadap pengumuman pergantian CEo secara rutin dan non-rutin. Selanjutnya penelitiand engan memperhatikan asal pengganti CEO menunjukkan pasar bereaksi positf terhadap CEO pengganti yang berasal dari luar perusahaan, akan tetapi tidak bereaksi terhadap pengumuman CEO pengganti yang berasal dari dalam perusahaan. Hal ini menunjukkan bawah investor di Indonesia lebih mneyukai CEO yang berasal dari luar peusahaan daripada yang berasal dari dalam perusahaan. Pengujian selanjutnya dengan menggunakan varian return saham juga menunjukkan hasil yang signifikan pada semua pengujian. Terdapat perbedan varian return saham yang signifikan pada periode sebelum dan setelah pengumuman pergantian CEO. Hasil penelitian ini mengkonfirmasi pengujian yang menggunakan abnormal return. Akan tetapi, pengujian reaksi pasar dengan menggunakan volum eperdagangan tidak menunjukkan hasil yang signfikan pada semua pengujian. Tidak ad perbedaana volume perdagangan yang signifikan antara periode sebelum dans etelah pengumuman pergantian CEO. Hasil ini jgua konsisten dengan pengujian yang memperhatikan asal pengganti: inside dan outside, proses pergantian CEO: rutin dan non-rutin. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengumuman pergantian CEO mengandung informasi yang berguna bagi investor, sehingga mereka bereaksi positif terhadap pengumuman pergantian CEO. Hal ini terbukti dengan adanya abnormal return yagn signifikan di sekitar pengumuman pergantian CEO dan perbedaan varian return saham antara peridoe sebelum dan setelah pengumuman pergantian CEO. Namun, reaksi investor tidak berakibat signifikan pada volume perdagangan saham.

    Item Type: Article
    Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
    Divisions: Fakultas Ekonomi
    Depositing User: Lynda Rahmawati
    Date Deposited: 14 Apr 2014 23:07
    Last Modified: 14 Apr 2014 23:07
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/10939

    Actions (login required)

    View Item