Transfer Massa Disertai Reaksi Kimia Pada Absorbsi H2S Dalam Pemurnian Gas Alam Maupun Biogas Menggunakan Larutan Absorben Fe-EDTA Dalam Packed Column

Kwartiningsih, Endang (2014) Transfer Massa Disertai Reaksi Kimia Pada Absorbsi H2S Dalam Pemurnian Gas Alam Maupun Biogas Menggunakan Larutan Absorben Fe-EDTA Dalam Packed Column. .

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (144Kb) | Preview

    Abstract

    Gas alam dengan kandungan metana yang tinggi banyak digunakan dalam industri pupuk dan industri lainnya. Gas alam ataupun biogas berpotensi juga sebagai bahan bakar. Akan tetapi penggunaan gas alam ataupun biogas tersebut bermasalah karena kandungan H2S yang masih tinggi (1-5 %) yang berdampak pada pencemaran, sehingga sebelum digunakan perlu dimurnikan terlebih dahulu. Pemurnian gas dari kandungan H2S menggunakan Iron Chelated Solution (Fe-EDTA) memberikan banyak kelebihan. Kelebihan tersebut diantaranya adalah efektifitas penyerapan H2S tinggi, larutan absorben bisa diregenerasi sehingga biaya operasi murah . Kelebihan lain yang tidak ada pada proses lain adalah sulfur yang terpisahkan dari biogas berupa sulfur padat (komoditas bernilai ekonomi) atau paling tidak berupa residu yang mudah dan aman dalam pembuangannya sehingga tidak mencemari lingkungan. Chelated agent yang biasa digunakan adalah EDTA (Ethylene Diamine Tetra Acetate). Iron Chelated Solution (Fe-EDTA) dibuat dengan melarutkan senyara garam besi FeCl2 ke dalam larutan EDTA. Penelitian dilakukan secara simulasi dan eksperimental. Penelitian secara eksperimental dilakukan untuk validasi hasil simulasi. Dengan membandingkan hasil percobaan dan hasil simulasi diperoleh nilai koefisien transfer massa dan konstanta kecepatan reaksi.

    Item Type: Article
    Subjects: Q Science > QD Chemistry
    Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Kimia
    Depositing User: Miftahful Purnanda
    Date Deposited: 14 Apr 2014 23:07
    Last Modified: 17 Mar 2017 12:08
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/10938

    Actions (login required)

    View Item