PENINGKATAN MINAT DAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN MELALUI METODE PQRST (PREVIEW, QUESTION, READ, SUMMARIZE, TEST) PADA SISWA KELAS VII C SMP N 2 TENGARANKABUPATEN SEMARANG TAHUN AJARAN 2012/2013

Hidayah, Nurul (2013) PENINGKATAN MINAT DAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN MELALUI METODE PQRST (PREVIEW, QUESTION, READ, SUMMARIZE, TEST) PADA SISWA KELAS VII C SMP N 2 TENGARANKABUPATEN SEMARANG TAHUN AJARAN 2012/2013. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (684Kb) | Preview

    Abstract

    Nurul Hidayah. PENINGKATAN MINAT DAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN MELALUI METODE PQRST (PREVIEW, QUESTION, READ, SUMMARIZE, TEST) PADA SISWA KELAS VII C SMP N 2 TENGARAN KABUPATEN SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2012/2013. Skripsi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta. Juli 2013. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan minat dan kemampuan membaca pemahaman siswa pada kelas VII C SMP Negeri 2 Tengaran tahun pelajaran 2012/3013. Bentuk penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklusnya terdiri atas empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah guru bahasa Indonesia dan siswa kelas VII C SMP Negeri 2 Tengaran. Sedangkan yang menjadi objek penelitian ini adalah proses pembelajaran membaca pemahaman dengan menggunakan metode PQRST. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, tes dan angket. Untuk analisis datanya, menggunakan analisis kritis dan deskriptif komparatif. Hasil penelitian ini adalah 1) terdapat peningkatan minat membaca pemahaman siswa, hal ini dapat dilihat dari berkurangnya jumlah siswa yang pada tindakan siklus I minat membaca pemahamannya tergolong kurang dan cukup dan bertambahnya jumlah siswa yang minat membaca pemahamannya tergolong tinggi dan sangat tinggi; 2) terdapat peningkatan kemampuan membaca pemahaman yang pada kondisi awal rata-rata kemampuan hanya 61,5 pada silkus I meningkat menjadi 70,3 dan pada siklus II meningkat lagi menjadi 76,6. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa metode PQRST dapat meningkatkan minat dan kemampuan membaca pemahaman siswa kelas VII C SMP Negeri 2 Tengaran tahun pelajaran 2012/2013. Oleh karena itu peneliti merekomendasikan kepada guru bahasa Indonesia agar menggunakan metode PQRST dalam pembelajaran membaca pemahaman. Simpulannya adalahterdapat peningkatan minat dan kemampuan membaca pemahaman siswa kelas VII C SMP N 2 Tengaran kabupaten Semarang tahun pelajaran 2012/2013.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    P Language and Literature > P Philology. Linguistics
    Divisions: Fakultas Sastra dan Seni Rupa > Sastra Indonesia
    Depositing User: Prima Adi Pradana
    Date Deposited: 14 Apr 2014 22:53
    Last Modified: 14 Apr 2014 22:53
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/10918

    Actions (login required)

    View Item