THE EFFECTS OF SUPERVISION ON THE QUALITY OF ENGLISH TEACHING AND LEARNING PROCESS (A Qualitative Study in SMP N 3 Bayat)

HERNADI, DEDI (2010) THE EFFECTS OF SUPERVISION ON THE QUALITY OF ENGLISH TEACHING AND LEARNING PROCESS (A Qualitative Study in SMP N 3 Bayat). Other thesis, UNIVERSITAS SEBELAS MARET.

[img] PDF - Published Version
Download (573Kb)

    Abstract

    ABSTRAK DEDI HERNADI. K2206015. PENGARUH SUPERVISI TERHADAP KUALITAS PROSES PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS DI SMP N 3 BAYAT. Skripsi. Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Sebelas Maret, Surakarta. 2010. Penelitian ini meneliti pengaruh supervise terhadap kualitas proses pembelajaran bahasa inggris dalam bentuk penelitian kualitatif. Alasan utama dalam pelaksanaan penelitian ini berhubungan dengan adanya fenomena yang berasumsi bahwa supervise saat ini tidak meningkatkan kualitas proses pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi pengaruh supervise terhadap proses pembelajaran. Perumusan masalah pada penelitian ini ialah: (1) Seberapa jauh supervise mempengaruhi kualitas proses pembelajaran bahasa inggris (2) Bagaimana supervise mempengaruhi kualitas proses pembelajaran bahasa inggris. Penelitian dilaksanakan di SMP N 3 Bayat dari bulan April hingga bulan Mei 2010. Sumber data berasal dari peristiwa-peristiwa, informan, dan dokumen. Data dikumpulkan melalui pengamatan naturalistic, wawancara secara mendalam, dan analisis dokumen. Dalam menganalisis data, penulis menggunakan “interactive model analysis” yang mencakup mereduksi data, memaparkan data, dan menarik simpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) guru-guru bahasa inggris di SMP N 3 Bayat tidak dapat meningkatkan kualitas pembelajaran setelah disupervisi oleh kepala sekolah. (2) Meskipun para guru bahasa inggris di sekolah tersebut sudah bertahun-tahun mengajar, namun ada beberapa hal yang harus ditingkatkan agar proses pembelajaran dapat bejalan dengan lebih efektif, yaitu rencana pelaksanaan pembelajaran dan keberagaman aktivitas di dalam kelas. Berdasarkan hasil temuan tersebut, maka penulis berkesimpulan bahwa supervision hanya memberikan pengaruh temporal pada proses pembelajaran bahasa inggris di SMP N 3 Bayat. Tidak ada perubahan yang signifikan yang para guru lakukan setelah supervise dilaksanakan. Para guru bahasa inggris masih menggunakan materi dan media yang monoton. Para guru juga tidak menerapkan berbagai macam strategi pembelajaran di dalam kelas khususnya dalam penerapan teknik yang berbeda. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, penulis menyarankan bahwa rencana pembelajaran dan variasi aktivitas belajar yang dilkukan di SMP N 3 Bayat perlu ditingkatkan demi perbaikan proses belajar mengajar di SMP N 3 Bayat dengan penyelenggaraan workshop dan penataran guru.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Inggris
    Depositing User: Desi Arista
    Date Deposited: 30 Aug 2013 17:19
    Last Modified: 30 Aug 2013 17:19
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/10879

    Actions (login required)

    View Item