PERBANDINGAN EFEKTIVITAS ANTARA FENTANIL DAN KETAMIN UNTUK MENGURANGI NYERI SAAT PENYUNTIKAN PROPOFOL PADA INDUKSI ANESTESI

Sena , Candra Bayu (2011) PERBANDINGAN EFEKTIVITAS ANTARA FENTANIL DAN KETAMIN UNTUK MENGURANGI NYERI SAAT PENYUNTIKAN PROPOFOL PADA INDUKSI ANESTESI. Other thesis, FAKULTAS KEDOKTERAN .

[img] PDF - Published Version
Download (1318Kb)

    Abstract

    ABSTRAK Candra Bayu Sena, G0006188, 2011. Perbandingan Efektivitas antara Fentanil dan Ketamin untuk Mengurangi Nyeri Saat Penyuntikan Propofol pada Induksi Anestesi, Skripsi, Fakultas Kedokteran, Universitas Sebelas Maret Surakarta. Nyeri adalah rasa inderawi dan pengalaman emosional yang tidak menyenangkan akibat adanya kerusakan jaringan yang nyata atau berpotensi rusak. Pada saat dilakukakan penyuntikan induksi anestesi propofol melalui vena perifer, timbul rasa nyeri lokal, dan merupakan masalah yang sering terjadi dan mencemaskan pasien. Oleh karena itu digunakan digunakan zat analgesik seperti ketamin dan fentanil. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui obat yang lebih baik dalam mengurangi nyeri pada saat injeksi propofol antara ketamin 0,2 mg/ kgBB dan fentanil 0,2 µg/kg BB. Penelitian ini bersifat eksperimental dengan uji klinis acak buta ganda. Subyek penelitian adalah pasien operasi di RSUD dr. Moewardi Surakarta sebanyak 30 pasien, dengan kriteria usia 18-55 tahun, status fisik penderita ASA I-II. Subjek dibagi menjadi dua kelompok, masing-masing 15 orang. Kelompok A adalah kelompok yang diberi ketamin 0,2 mg/kg BB intravena, kelompok B adalah kelompok yang diberi fentanil 0,2 µg/kg BB. Pasien sebelum operasi diukur berat badan, tekanan sistolik, tekanan diastolik, laju nadi dan laju nafas. Kedua obat diberikan pada 2 menit sebelum injeksi propofol. Kemudian kedua kelompok dinilai skor nyeri dengan Visual Analogue Scale (VAS) pada saat injeksi propofol. Dari penelitian ini didapatkan hasil antara kelompok A dan B tidak ada perbedaan. Hasil perbandingan statistik menggunakan uji Chi-Square menunjukkan tidak ada hubungan dengan pemberian ketamin atau fentanil nilai p 0,919 (p < 0,05) . Kemudian penilaian VAS mengunakan uji Mann-Whitney juga menunjukkan tidak ada perbedaan antara kelompok yang diberi fentanyl dan kelompok yang diberi ketamin nilai p 0,762 (p < 0,05). Dari hasil penelitian ini disimpulkan tidak ada perbedaan rasa nyeri (VAS) antara pemberian ketamin 0,2 mg/kg BB maupun pemberian fentanil 0,2 µg/kg BB saat injeksi propofol pada induksi anestesi. Kata kunci: fentanil, ketamin, nyeri injeksi propofol.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
    Divisions: Fakultas Kedokteran
    Depositing User: Desi Arista
    Date Deposited: 28 Aug 2013 17:56
    Last Modified: 28 Aug 2013 17:56
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/10794

    Actions (login required)

    View Item