uns.ac.id digilib.uns.ac.id commit to user UPAYA PENINGKATAN KUALITAS LULUSAN SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN MELALUI PENERAPAN KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN

Prasetyo, Danang (2011) uns.ac.id digilib.uns.ac.id commit to user UPAYA PENINGKATAN KUALITAS LULUSAN SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN MELALUI PENERAPAN KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN. Other thesis, Universitas Sebelas Maret Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan.

[img] PDF - Published Version
Download (346Kb)

    Abstract

    ABSTRAK Danang Prasetyo. K1503018. UPAYA PENINGKATAN KUALITAS LULUSAN SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN MELALUI PENERAPAN KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN (Kasus di SMK Negeri 2 Karanganyar) Skripsi, Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta. Perkembangan kurikulum yang saat ini telah berubah, membuat banyak kalangan dari seorang guru dan siswa harus mengubah cara mengajar dan belajarnya. Seiring dengan diberlakukannya KTSP (Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan), maka hal ini akan berpengaruh pada hasil belajar dan kualitas lulusan para siswa. Selain memberikan pengaruh terhadap siswa, KTSP juga menuntut kepada guru untuk terus berusaha meningkatkan kualitas pembelajaran yang disampaikan kepada siswanya, supaya prestasi siswa lebih meninggkat. Tujuan dari penelitian ini adalah : (1) Untuk mengetahui penerapan KTSP secara optimal, (2) Untuk mengetahui peran Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan dalam meningkatkan kualitas lulusan, (3) Untuk mengetahui berbagai upaya yang dilakukan guru dalam meningkatkan kualitas lulusan Sekolah Menengah Kejuruan melalui penerapan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara dan dokumen. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini melalui analisis antar kasus (cross-site analisys), dengan cara: (1) reduksi data, yaitu merupakan proses pemilihan, pemusatan perhatian pada penyederhanaan, pengabstrakan dan transformasi data kasar yang diperoleh di lapangan, (2) penyajian data, yaitu dengan meyajikan berbagai informasi yang diseleksi dalam rangka penarikan kesimpulan, (3) verifikasi data. Keabsahan data yang diperoleh dari penelitian ini maka digunakan data triangulation, dimana informasi dari berbagai sumber diseleksi. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan : (1) Guru dan siswa SMK Negeri 2 Karanganyar untuk penerapan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) secara optimal dapat dikategorikan cukup paham dalam melaksanaannya; (2) Peran Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) dalam penerapanya dapat menghasilkan pelaksanaan belajar mengajar yang kondusif dan meningkatkan prestasi siswa. (3) Implemenasi pelaksanaan KTSP telah sesuai dengan aturan yang ada sehingga dapat menghasilkan lulusan yang berkualitas, mandiri, dan mampu bersaing.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Depositing User: Users 853 not found.
    Date Deposited: 27 Aug 2013 22:32
    Last Modified: 27 Aug 2013 22:32
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/10780

    Actions (login required)

    View Item