PENGGUNAAN METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF MODEL ”THINK-PAIR-SHARE” UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR GEOGRAFI SISWA PADA POKOK BAHASAN UNSUR FISIK WILAYAH INDONESIA KELAS VIII B DI MTS NEGERI I PACITAN TAHUN AJARAN 2007/2008

Yuliana, Elis Muddah (2009) PENGGUNAAN METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF MODEL ”THINK-PAIR-SHARE” UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR GEOGRAFI SISWA PADA POKOK BAHASAN UNSUR FISIK WILAYAH INDONESIA KELAS VIII B DI MTS NEGERI I PACITAN TAHUN AJARAN 2007/2008. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (1136Kb)

    Abstract

    Pendidikan merupakan salah satu faktor penentu kelestarian dan kemajuan bangsa. Berbagai usaha pemerintah dilakukan dalam rangka meningkatkan mutu pendidikan di Indonesia. Salah satu usaha untuk meningkatkan mutu pendidikan di Indonesia yaitu mengembangkan sistem pendidikan di sekolah. Pelaksanaannya terdiri dari serangkaian kegiatan terencana dan terorganisasi, termasuk kegiatan dalam proses belajar mengajar di kelas. Kegiatan itu bertujuan menghasilkan perubahan yang positif dari diri anak yang sedang menuju kedewasaan. Terkait dengan tuntutan demokratisasi pada era saat ini, salah satu kelemahan yang dirasakan dalam sistem pendidikan di Indonesia adalah pelaksanaan proses pembelajaran yang kurang mendorong terjadinya pengembangan siswa yang dinamis dan budaya berpikir kritis. Proses pembelajaran saat ini masih kurang mendorong siswa untuk aktif, berpikir kritis, dan dapat bekerja sama dengan siswa lainnya. Guru hanya sekedar mentransfer materi dan siswa jarang dihadapkan pada permasalahan-permasalahan yang kurang merangsang dan melatihnya untuk aktif berfikir. Di dalam pembelajaran diharapkan ada suasana yang melibatkan siswa secara aktif untuk membangun pengetahuan dalam pikiran mereka sendiri. Guru seharusnya memberikan dukungan dan kesempatan pada siswa untuk mengembangkan ide-ide dan strategi dalam belajar. Untuk meningkatkan mutu pengajaran IPS pada umumnya dan Geografi khususnya, diperlukan peningkatan kualitas para pendidik. Semata-mata bukan hanya penyusunan kembali kurikulum yang lebih sempurna, melainkan pembenahan kembali pendekatan, metode yang tepat dengan memperhatikan mata pelajaran, fasilitas dan kondisi siswa sebagai subyek didik yakni motivasi belajar yang dimiliki, minat, ketekunan dan karakteristik.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Depositing User: Vera Suryaningsih
    Date Deposited: 27 Aug 2013 16:50
    Last Modified: 27 Aug 2013 16:50
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/10759

    Actions (login required)

    View Item