USAHA MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN MELALUI MODEL COOPERATIVE LEARNING DI SMA 2 KUDUS

Wahyuni, Niniek Sri (2009) USAHA MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN MELALUI MODEL COOPERATIVE LEARNING DI SMA 2 KUDUS. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Accepted Version
Download (1026Kb)

    Abstract

    Niniek Sri Wahyuni, NIS . S 810108309. “ Usaha Meningkatkan motivasi dan hasil belajar Pendidikan Kewarganegaraan melalui model pembelajaran kooperatif di SMA 2 Kudus ” Penelitian Tindakan Kelas X-1 tahun pelajaran 2008 / 2009. Penelitian Tindakan Kelas adalah satu diantara penelitian untuk melengkapi dan mengevaluasi kinerja mengajar . PTK dikerjakan melalui 4 tahapan yaitu : tahapan merencanakan pembelajaran, tahapan melaksanakan pembelajaran, tahapan mengamati pembelajaran dan tindakan refleksi pembelajaran. Pelaksanaan dibantu oleh seorang kolaborat yang diambil dari guru PKN SMA2 Kudus yang bertugas mencatat, merekam,mengidentifikasi serta melaporkan masalah masalah guru dalam pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan motivasi belajar siswa dan untuk meningkatkan hasil belajar Pendidikan Kewarganegaraan siswa kelas X-1 SMA 2 Kudus.( Penelitian Tindakan kelas di kelas X-1 tahun pelajaran 2008/2009 ) Penelitian ini melibatkan 40 siswa Data yang terkumpul berasal dari murid, guru, kolaborator tentang data motivasi dan hasil belajar siswa. Metode pengumpulan data melalui observasi, interviu, angket dan tes. Sedangkan analisa data menggunakan analisis diskripsi Dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran koopearive learing ternyata dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa. Pada sikles pertama skor motivasi 3,0 ( kategori cukup ), pada siklus kedua dan ketiga skor motivasi 3,53 dan 3,63 ( kategori baik ) disamping itu model pembelajaran kooperatif dapat meningkatkan hasil belajar pada siklus pertama rata-rata kelas mencapai 6,83 dengan ketuntasan belajar 57,5 %, pada siklus kedua mencapai rata-rata kelas 7,2 dengaan ketuntasan belajar 87,5 % dan pada siklus ketiga rata-rata kelas mencapai 89,5 dengan pencapaian ketuntasan belajar penuh atau 100 %. Kata kunci : Model pembelajaran kooperatif, motivasi , hasil belajar, Pendidikan Kewarganegaraan.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Pasca Sarjana
    Depositing User: Vera Suryaningsih
    Date Deposited: 27 Aug 2013 16:28
    Last Modified: 27 Aug 2013 16:28
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/10751

    Actions (login required)

    View Item