TINDAKAN PENGANCAMAN MUKA DAN STRATEGI KESOPANAN DALAM RUBRIK ”PEMBACA MENULIS” DIHARIAN JAWA POS (SEBUAH KAJIAN PRAGMATIK)

AMAROH, DAMIS (2010) TINDAKAN PENGANCAMAN MUKA DAN STRATEGI KESOPANAN DALAM RUBRIK ”PEMBACA MENULIS” DIHARIAN JAWA POS (SEBUAH KAJIAN PRAGMATIK). Masters thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (1715Kb)

    Abstract

    Permasalahan yang dibahas dalam penelitian ini yaitu (1) Bagaimana tindakan pengancaman muka dan strategi kesopanan yang dilakukan ol eh pengadu dalam rubrik “Pembaca Menulis” di harian Jawa Pos dan apa tujuannya? (2) Bagaimana tindakan pengancaman muka dan strategi kesopanan yang dilakukan oleh teradu dalam rubrik “Pembaca Menulis” di harian Jawa Pos dan apa tujuannya? Tujuan penelitian ini adalah (1) Mendeskripsikan tindakan pengancaman muka dan strategi kesopanan yang dilakukan oleh pengadu dalam rubrik “Pembaca Menulis” di harian Jawa Pos beserta tujuannya. (2) Mendeskripsikan tindakan pengancaman muka dan strategi kesopanan yang dilakukan oleh teradu dalam rubrik ”Pembaca Menulis” di harian Jawa Pos beserta tujuannya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif deskriptif. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan pragmatik. Sampel dalam penelitian ini berupa tuturan-tuturan beserta konteksnya yang mengandung tindakan pengancaman muka dan strategi kesopanan yang terdapat dalam rubrik ”Pembaca Menulis” di harian Jawa Pos yang terbit mulai 2 Januari sampai 31 Maret 2010. Sampel penelitian ini adalah sampel bertujuan. Sumber data penelitian ini adalah rubrik ”Pembaca Menulis” di harian Jawa Pos yang terbit mulai 2 Januari sampai 31 Maret 2010. Data dalam penelitian ini adalah tuturan beserta konteksnya yang mengandung tindakan pengancaman muka dan strategi kesopanan yang terdapat dalam sumber data yang diperoleh dengan menggunakan teknik pustaka. Dari analisis ini dapat disimpulkan beberapa hal: (1) dalam surat aduan rubrik ”Pembaca Menulis”diperoleh 8 jenis tindakan yang mengancam muka negatif lawan tutur (memerintah, meminta, memberi saran, memberi nasihat, bertanya, menuntut, menagih janji, dan marah) dan 4 jenis tindakan yang mengancam muka positif lawan tutur (menuduh, mengeluh, mengkritik, dan menghina).Pengadu menggunakan strategi on record, off record, kesopanan negatif, dan kesopanan positif. Tujuan pengadu melakukan tindakan ini bertujuan untuk segera mendapat tanggapan dan penyelesaian dari pihak teradu. (2) dalam surat tanggapan rubrik “Pembaca Menulis” diperoleh 3 jenis tindakan yang mengancam muka negatif penutur (ucapan terima kasih, melakukan pembelaan, dan melakukan janji) dan diperoleh 2 jenis tindakan yang mengancam muka positif penutur (tindakan meminta maaf dan mengakui kesalahan). Teradu menggunakan strategi on record, off record, kesopanan negatif, dan kesopanan positif. Tujuan dari tindakan teradu dalam menanggapi surat aduanadalah untuk memperoleh kesan sebagai lembaga yang bertanggung jawab terhadap suatu persoalaan yang dihadapi antara pengadu dan teradu sehingga dapat mempertahankan citra lembaga sekaligus mempertahankan pelanggan.

    Item Type: Thesis (Masters)
    Subjects: N Fine Arts > NE Print media
    Divisions: Fakultas Sastra dan Seni Rupa
    Depositing User: Vignasari Kokasih
    Date Deposited: 27 Aug 2013 10:51
    Last Modified: 27 Aug 2013 10:51
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/10742

    Actions (login required)

    View Item