APLIKASI STRATEGI PENGEMBANGAN PRODUK SEBAGAI ALAT PROMOSI PADA PERUSAHAAN ‘CV. KENCANA DIGITAL PRINTING’ SOLO

KADIR, ABDUL (2008) APLIKASI STRATEGI PENGEMBANGAN PRODUK SEBAGAI ALAT PROMOSI PADA PERUSAHAAN ‘CV. KENCANA DIGITAL PRINTING’ SOLO. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF (Awareness, Pengembangan Produk, Promosi ) - Published Version
Download (1380Kb)

    Abstract

    Dunia marketing selalu memliliki kaitan erat dengan promosi. Namun seiring perkembangannya promosi dilakukan dengan berbagai cara, diantaranya melalui pengembangan produk. Inilah yang dilakukan oleh CV. Kencana Digital Printing. Perusahaan ini melakukan praktek promosi melalui produknya yang dibuat sedemikian rupa agar memiliki nilai lebih / value dibanding produk yang lain. Karena produk ini belum pernah sebelumnya dibuat oleh perusahaan lain. Produk tersebut dinamakan Moving Lightbox, melalui produk ini diharapkan dapat menarik masyarakat yang melihat, sehingga awarebahwa ini adalah produk milik CV. Kencana Digital Printing. Moving Lightboxadalah sebuah media iklan yang ditampilkan / didisplay mengandung banyak iklan dalam satu media. Media ini berputar dan berganti iklan dalam durasi tertentu, dan dalam slide yang terakhir juga disertakan nama dan logo perusahaan CV. Kencana Digital Printing. Tujuan penulisan Tugas Akhir ini adalah untuk mengetahui bagaimanakah pengembangan produk yang dilakukan oleh CV. Kencana Digital Printing, dan untuk mengetahui efektifitas promosi melalui pengembangan produk ini dalam membangun kesadaran konsumen. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif, yaitu dengan melakukan riset berupa survey terhadap masyarakat yang melihat iklan dari perusahaan CV. Kencana Digital PrintingSolo di Solo Grand Mall. Metode pengumpulan data yaitu melalui wawancara / interviewdan penyebaran kuisioner. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah model analisis deskriptif, yaitu pembahasan secara sistematis, faktual dan akurat mengenai suatu objek yang diteliti melalui analisa mean, modus dan persentase. Pada penelitian ini dibahas hasil penelitian mengenai awareness, knowledge, interest, dan action to buymasyarakat terhadap produk Moving Lightboxyang dipasang di Solo Grand Mall. Hal ini dilakukan untuk menganalisis efektifitas dari promosi yang dilakukan melalui pengembangan produk. Sehingga dapat ditentukan hal yang harus dilakukan oleh perusahaan CV. Kencana Digital Printing berdasarkan hasil penelitian ini. Secara keseluruhan dapat disimpulkan dari penelitian ini adalah bahwa pengembangan produk dinyatakan tidak sepenuhnya berhasil untuk dijadikan sebagai alat promosi perusahaan, dengan indikator sebagian besar responden menjawab ‘tidak mengetahui’ pada sebagian besar pertanyaan yang diajukan penulis dalam kuisioner. Dan sebagai saran hendaknya untuk menumbuhkan interestmasyarakat, perusahaan tetap mengedepankan pengembangan produk yang tidak dimiliki perusahaan lain, sehingga memiliki nilai lebih di mata konsumen. Terlebih lagi pertimbangan agar menjadi media yang lebih terjangkau. Hal ini akan memacu buyeruntuk lebih tertarik pada produk perusahaan dan lebih bersaing dipasaran, dikarenakan perusahaan sejenis sudah mulai banyak tumbuh di sekitar Solo.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
    Divisions: Fakultas Ekonomi
    Fakultas Ekonomi > D3 - Manajemen Pemasaran
    Depositing User: Vignasari Kokasih
    Date Deposited: 27 Aug 2013 06:14
    Last Modified: 27 Aug 2013 06:14
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/10740

    Actions (login required)

    View Item