Perancangan Alat Ukur Evaluasi Kinerja Dosen sebagai Dasar Penyusunan Kebijakan Jurusan Teknik Industri UNS dalam Pengembangan Sumber Daya Manusia

Fahma, Fakhrina and Damayanti, Retno Wulan and Lestari, Ani (2011) Perancangan Alat Ukur Evaluasi Kinerja Dosen sebagai Dasar Penyusunan Kebijakan Jurusan Teknik Industri UNS dalam Pengembangan Sumber Daya Manusia. Performa, 10 (2). pp. 113-118.

[img] PDF - Published Version
Download (68Kb)

    Abstract

    Abstrak Alat ukur ini diharapkan dapat digunakan untuk evaluasi kinerja dosen sebagai dasar penyusunan kebijakan jurusan TI UNS dalam pengembangan sumber daya manusia. Atribut awal mengacu pada butirbutir BAN-PT (Borang), portofolio dosen dan Ekivalen Waktu Mengajar Penuh (EWMP). Pentingnya alat ukur kinerja dosen akan menjadi alat evaluasi jurusan dan dapat digunkan sebagai perbaikan internal serta realisasi penjaminan mutu jurusan TI UNS. Penelitian ini terdiri dari lima tahap : (1). identifikasi atribut, (2). pengelompokan atribut (3). penetapan atribut dengan Focus Group Discussion (FGD), (4) desain alat ukur. Dari identifikasi atribut diperoleh 22 atribut (studi pustaka) dan 14 atribut (masukan dosen). Pengelompokan atribut dilakukan berdasarkan atribut terukur dan tidak terukur. Atribut terukur ini akan digunakan pada tahap selanjutnya karena supaya dalam perancangan alat ukur memiliki atribut penyusun yang jelas tingkat pengukurnya sehingga penilaiannya tidak bersifat subjektif dan berdasarkan bukti. Dari FGD menetapkan 2 atribut yang tereliminasi. Penelitian ini menghasilkan alat ukur yang tersusun atas 4 bidang dengan total 29 atribut, yaitu: (1) pendidikan dan pengajaran terdiri dari 16 atribut, (2) penelitian dan pengembangan karya ilmiah terdiri dari 7 atribut, (3) pengabdian kepada masyarakat terdiri dari 2 atribut, serta (4) kegiatan penunjang Tri Dharma Perguruan Tinggi terdiri dari 4 atribut. Berdasarkan uji coba alat ukur nilai performance dosen TI UNS pada bidang penelitian dan kegiatan penunjang Tri Dharma Perguruan Tinggi mendapatkan skor 2 yang artinya masih dalam level cukup. Oleh karena itu diharapkan pihak TI UNS lebih mengarahkan atau memberikan kebijakan pada kegiatan yang berkaitan dengan penelitian yang masih memiliki nilai yang kurang dalam hal karya yang dihasilkan dalam bentuk buku ber ISBN, Kegiatan riset dosen yang digunakan industri, dan Karya-karya yang dipatenkan serta kegiatan penunjang Tri Dharma Perguruan Tinggi dalam hal mengikuti organisasi profesi dan prestasi dosen dalam mendapatkan penghargaan. Kata kunci: pengukuran kinerja dosen, focus group discussion, performance.

    Item Type: Article
    Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
    Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Industri
    Depositing User: Users 832 not found.
    Date Deposited: 08 Jul 2013 23:43
    Last Modified: 08 Jul 2013 23:59
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/1074

    Actions (login required)

    View Item