PEMANFAATAN LABORATORIUM MULTIMEDIA DALAM PROGRAM RINTISAN SEKOLAH BERTARAF INTERNASIAL SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN PRESTASI MATA PELAJARAN EKONOMI

TITIK TRISNAINI, ENDANG (2013) PEMANFAATAN LABORATORIUM MULTIMEDIA DALAM PROGRAM RINTISAN SEKOLAH BERTARAF INTERNASIAL SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN PRESTASI MATA PELAJARAN EKONOMI. .

[img] Microsoft Word
Download (92Kb)

    Abstract

    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Pemanfaatan laboratorium multimedia dalam pelaksanaan RSBI sebagai upaya peningkatan prestasi mata pelajaran ekonomi di SMA Negeri 3 Madiun, 2) Kendala yang dihadapi sekolah dalam pemanfaatan laboratorium multimedia dalam program RSBI di SMA Negeri 3 Madiun dan upaya yang dilakukan oleh sekolah dalam mengatasinya, 3) Hasil yang diperoleh siswa dari pemanfaatan laboratorium multimedia dalam program RSBI sebagai upaya peningkatan prestasi mata pelajaran ekonomi di SMA Negeri 3 Madiun. Penelitian dilaksanakan di SMA Negeri 3 Madiun pada tahun pelajaran 2010/2011. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif. Sumber data yang digunakan meliputi informan, peristiwa, dan dokumen. Teknik sampling pengumpulan data yang diterapkan adalah pengamatan, wawancara/interview, dan mengkaji dokumen arsip. Teknik sampling yang digunakan untuk mengambil sampel adalah snowball sampling. Pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan menggunakan keikutsertaan, keajegan pengamatan, dan triangulasi. Sedangkan analisa data dilakukan analisa interaktif yang meliputi: produksi data, sajian data, penarikan kesimpulan.Hasil penelitian ini menyimpulkan (1) Pemanfaatan laboratorium multimedia dalam program RSBI di SMA Negeri 3 Madiun dilaksanakan secara maksimal, yang didukung oleh guru, siswa, dan lingkunagan dalam peningkatan prestasi mata pelajaran ekonomi, (2) Keberadaan media pembelajaran di SMA Negeri 3 Madiun sudah cukup memadai, (3) Kendala yang dihadapi guru dalam memanfaatkan multimedia adalah kurang terampilnya dan kurang optimalnya guru dalam memanfaatkan, (4) Upaya sekolah untuk mengatasi kendala dengan meningkatkan workshop, IHT, dengan bantuan teman dalam satu team, (5) Hasil pemanfaatan laboratorium multimedia dapat meningkatkan prestasi belajar siswa sesuai dengan yang diharapkan. Hal-hal yang perlu ditindak lanjuti dari penelitian ini antara lain perlu ditingkatkan sumber daya manusia terutama guru-guru yang berusia diatas 50 tahun dalam memanfaatkan laboratorium multimedia. Kata kunci: prestasi belajar, pemanfaatan laboratorium multimedia.

    Item Type: Article
    Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
    H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
    Divisions: Pasca Sarjana > Magister > Pendidikan Ekonomi
    Depositing User: Users 836 not found.
    Date Deposited: 08 Jul 2013 23:47
    Last Modified: 02 Sep 2016 13:35
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/1066

    Actions (login required)

    View Item