PERENCANAAN JARINGAN PIPA LATERAL AIR KOTOR DI SURAKARTA (STUDI KASUS DI JALAN KAPTEN ADI SUMARMO DAN JALAN LETJEND. SUTOYO)

MARYANTO, (2011) PERENCANAAN JARINGAN PIPA LATERAL AIR KOTOR DI SURAKARTA (STUDI KASUS DI JALAN KAPTEN ADI SUMARMO DAN JALAN LETJEND. SUTOYO). Other thesis, UNIVERSITAS SEBELAS MARET.

[img] PDF - Published Version
Download (1133Kb)

    Abstract

    Limbah cair merupakan bahan buangan yang timbul karena adanya kehidupan manusia. Masyarakat umumnya membuang limbah cair ke sungai karena metode pembuangan yang mudah dan umum digunakan. Pembuangan air limbah tersebut secara langsung maupun tidak langsung berdampak pada menurunnya kualitas lingkungan khususnya kualitas air sungai. Cara mengatasinya dengan adanya jaringan perpipaan dan proses pengolahan air limbah yang optimal dengan cara perencanaan dan perhitungan yang cermat sesuai dengan ketentuan teknis mengenai pengaliran air limbah dalam pipa supaya tidak terjadi endapan dan sumbatan. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Data yang diperlukan antara lain jenis pipa pada saluran dan diameternya, dan jaringan layanan pipa. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui kemiringan saluran yang diijinkan, kapasitas saluran lateral serta rencana anggaran biaya untuk sambungan rumah. Dari hasil analisis didapat bahwa kemiringan minimum pipa berdasar kecepatan tertentu hasil analisis yaitu pipa lateral diameter 150 mm, 0,000039-0,0032. Kapasitas salurannya untuk sistem adi sumarmo adalah 542 orang dan kapasitas saluran sistem sutoyo adalah 237 orang. Rencana anggaran biaya untuk suatu pemasangan sambungan rumah air limbah pada sebuah rumah dengan luas 58 m2, dengan 1 kamar mandi berukuran 2,625 m2 minimal dibutuhkan biaya Rp 2.075.100,20. Kata kunci : jaringan perpipaan, kemiringan minimum pipa

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
    Divisions: Fakultas Teknik
    Fakultas Teknik > D3 - Teknik Sipil
    Depositing User: Users 860 not found.
    Date Deposited: 25 Aug 2013 03:50
    Last Modified: 25 Aug 2013 03:50
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/10634

    Actions (login required)

    View Item