PENGGUNAAN MEDIA GARIS BILANGAN UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERHITUNG BILANGAN BULAT PADA SISWA KELAS IV SDN I KARANGDUREN KLATEN TAHUN PELAJARAN 2010/2011

DEWI, IKE LIGASARI (2011) PENGGUNAAN MEDIA GARIS BILANGAN UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERHITUNG BILANGAN BULAT PADA SISWA KELAS IV SDN I KARANGDUREN KLATEN TAHUN PELAJARAN 2010/2011. Other thesis, UNIVERSITAS SEBELAS MARET.

[img] PDF - Published Version
Download (2077Kb)

    Abstract

    Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan berhitung bilangan bulat pada siswa kelas IV SD Negeri I Karangduren dan mendiskripsikan cara penggunaan garis bilangan untuk meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi hitung bilangan bulat. Variabel yang menjadi sasaran perubahan dalam penelitian ini adalah: kemampuan berhitung bilangan bulat, sedangkan variabel tindakan yang digunakan dalam penelitian ini adalah media garis bilangan. Bentuk penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan menggunakan dua sikus. Tiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu : perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan dan refleksi. Sebagai subyek penelitian adalah siswa kelas IV SD Negeri I Karangduren, Kecamatan Kebonarum, Kabupaten Klaten yang berjumlah 26 siswa. Teknik pengumpulan data yang dib gunakan adalah observasi, dokumentasi, dan tes. Teknis analisis data yang digunakan adalah model analisis statistis diskriptif yaitu membuat rata- rata nilai, nilai maksimal, nilai minimal, menghitung persentase, membuat grafik kemudian mendiskripsikan data-data penelitian tersebut, dan menarik kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa ada peningkatan kemampuan berhitung bilangan bulat, setelah dilakukan tindakan kelas melalui media garis bilangan. Hal ini dapat ditunjukkan dengan meningkatnya kemampuan siswa dari sebelum tindakan dan sesudah tindakan. Pada Siklus I ada peningkatan dari rata-rata 52,28 meningkat menjadi 56,25. Pada Siklus II ada peningkatan dari rata-rata 56,25 meningkat menjadi 73,93. Dengan demikian dapat disimpulkan suatu kesimpulan bahwa pembelajaran matematika dengan menggunakan media garis bilangan dapat meningkatkan kemampuan berhitung bilangan bulat pada siswa kelas IV SD Negeri I Karangduren, Kecamatan Kebonarum, Kabupaten Klaten Tahun Pelajaran 2010/2011. Kata kunci : Media garis bilangan, kemampuan berhitung bilangan bulat.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
    Depositing User: Aji Kurniawan
    Date Deposited: 25 Aug 2013 03:36
    Last Modified: 25 Aug 2013 03:36
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/10630

    Actions (login required)

    View Item