EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN CTL DENGAN METODE DEMONSTRASI DAN MOTIVASI BERWIRAUSAHA DALAM MENYIAPKAN KEMAMPUAN SISWA MEMPROGRAM MESIN CNC (COMPUTER NUMERICAL CONTROL) SEBELUM MELAKUKAN KERJA PRAKTEK INDUSTRI DI KELAS XI PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK PEMESINAN SMK NEGERI 2 SRAGEN

SUTIKNO, (2011) EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN CTL DENGAN METODE DEMONSTRASI DAN MOTIVASI BERWIRAUSAHA DALAM MENYIAPKAN KEMAMPUAN SISWA MEMPROGRAM MESIN CNC (COMPUTER NUMERICAL CONTROL) SEBELUM MELAKUKAN KERJA PRAKTEK INDUSTRI DI KELAS XI PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK PEMESINAN SMK NEGERI 2 SRAGEN. Masters thesis, UNIVERSITAS SEBELAS MARET.

[img] PDF - Published Version
Download (1801Kb)

    Abstract

    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : 1) Efektivitas pembelajran CTL dengan metode demonstrasi dalam menyiapkan kemampuan siswa memprogram mesin CNC sebelum melakukan kerja praktek industri pada siswa kelas XI Program Keahlian Teknik Pemesinan SMK Negeri 2 Sragen, 2)Motivasi berwirausaha pada siswa kelas XI Program Keahlian Teknik Pemesinan SMK Negeri 2 Sragen, , 3)Efektivitas pembelajaran CTL dengan mrtode demonstrasi dan motivasi berwirausaha dalam menyiapkan kemampuan siswa memprogram mesin CNC sebelum melakukan kerja praktek industri pada siswa kelas XI Program Keahlian Teknik Pemesinan SMK Negeri 2 Sragen. Penelitian merupakan penelitian kuantitatif dengan metode eksperimental. Populasi yang digunakan dalam penelitian adalah siswa kelas XI Program Keahlian Teknik Pemesinan SMK Negeri 2 Sragen pada tahun pelajaran 2010/2011 yang terbagi menjadi 4 kelas pararel. Teknik sampling dengan Cluster Random Sampling. sampel dalam penelitian ini adalah sebagai berikut:1). Kelas XI TP-1 sebagai kelompok eksperimen dengan demonstrasi dan simulasi komputer., 2) Kelas XI TP-2 sebagai kelompok kontrol dengan simulasi komputer. Teknik pengumpulan data ini dalam penelitian ini menggunakan beberapa jenis, yaitu kuesioner, observasi, dokumentasi, dan interviu atau wawancara. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis ANAVA 2 jalur dengan desain faktorial 2 x 2 dengan uji prasyarat analisis yaitu uji kesetaraan, normalitas dan homogenitas. Berdasarkan hasil analisis menyimpulkan bahwa: (1) terdapat perbedaan pengaruh yang signifikan Motivasi Berwirausaha tinggi dan motivasi berwirausaha rendah terhadap terhadap Kemampuan siswa memprogram Mesin CNC (F hitung > F tabel (25,65 > 3,999) pada taraf signifikasi 5%, (2) terdapat perbedaan pengaruh yang signifikan antara Metode Demonstrasi dan Metode Simulasi Komputer terhadap kemampuan siswa memprogram mesin CNC (F hitung > F tabel (47,78 > 3,999), (3) terdapat interaksi pengaruh antara Motivasi berwirausaha dengan Metode Demonstrasi dan Metode Simulasi komputer terhadap kemampuan siswa dalam memprogram mesin CNC(F hitung > F tabel (4,08 > 3,999). Berdasarkan uji pasca anava dengan metode menggunakan Uji Scheffe’ dengan menghitung perbedaan rataan data dari masing-masing sel yang ditunjukkan bahwa ada perbedaan yang signifikan antara motivasi berwirausaha yang tinggi dan yang rendah terhadap kemampuan memprogram mesin CNC(Fobs > Ftabel yaitu 21,90 > 8,036). Ada perbedaan yang signifikan antara Metode Demonstrasi dengan Simulasi Komputer terhadap Kemampuan memprogram mesin CNC (Fobs > Ftabel yaitu 47,41 > 8,036). Guru hendaknya mampu memilih dan menentukan metode pembelajaran yang tepat dengan menyesuaikan karakteristik kompetensi dan motivasi siswa. Kata Kunci : Motivasi wirausaha, Metode Demonstrasi dan Simulasi komputer, Kemampuan memprogram mesin CNC.

    Item Type: Thesis (Masters)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
    Divisions: Pasca Sarjana > Magister
    Pasca Sarjana > Magister > Teknologi Pendidikan
    Depositing User: Users 860 not found.
    Date Deposited: 25 Aug 2013 03:03
    Last Modified: 25 Aug 2013 03:03
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/10624

    Actions (login required)

    View Item