INTENSITAS KOMUNIKASI KELUARGA DAN PRESTASI BELAJAR ANAK ( Studi Korelasi Antara Intensitas Komunikasi Keluarga Dengan Prestasi Belajar Pelajar Kelas 5 Sekolah Dasar Djama’atul Ichwan Kota Surakarta Tahun Ajaran 2009-2010 )

KURNIADI, ARDHI (2010) INTENSITAS KOMUNIKASI KELUARGA DAN PRESTASI BELAJAR ANAK ( Studi Korelasi Antara Intensitas Komunikasi Keluarga Dengan Prestasi Belajar Pelajar Kelas 5 Sekolah Dasar Djama’atul Ichwan Kota Surakarta Tahun Ajaran 2009-2010 ). Masters thesis, Universitas Sebelas Maret Surakarta.

[img] PDF - Published Version
Download (726Kb)

    Abstract

    Penelitian yang berjudul “Korelasi Antara Intensitas Komunikasi Keluarga Dengan Prestasi Belajar Anak “, bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh yang signifikan antara komunikasi keluarga dan prestasi belajar anak. Penelitian ini dilaksanakan di SD Djama’atul Ichwan Surakarta. Masalah dalam penelitian ini adalah adakah pengaruh yang signifikan antara komunikasi keluarga dengan prestasi belajar anak. Adapun populasi penelitian ini adalah Siswa-siswi kelas V SD Djama’atul Ichwan Surakarta. Teknik sampling yang digunakan adalah Propotional Random Sampling, jumlah sampel yang dipakai adalah 32 Siswa-siswi kelas V SD Djama’atul Ichwan tahun ajaran 2009-2010. Hipotesis yang diajukan penulis adalah ada korelasi yang positif dan signifikan antara komunikasi keluarga terhadap prestasi belajar anak. Alat analisis yang digunakan adalah teknik metode analisis statistik. Dalam melakukan uji korelasi menggunakan rumus Correlations Product Moment. Berdasarkan hasil uji validitas, semua instrument menghasilkan koefisien korelasi (R) lebih besar dari 0,576 dinyatakan valid. Dengan uji reliabilitas untuk variabel komunikasi keluarga (X) yang terdiri dari 18 pertanyaan mempunyai alpha cronbach > 0,576. dan variabel prestasi belajar anak yang terdiri dari 18 pertanyaan mempunyai alpha cronbach > 0,576. sehingga dari sejumlah pertanyaan kedua variabel dinyatakan reliabel. Berdasarkan hasil dari hipotesis I, hipotesis kerja atau hipotesis alternatif (Ha), jika r hitung > r tabel dengan taraf signifikan (α) 0,05 maka ada hubungan / korelasi yang signifikan antara komunikasi keluarga dan prestasi belajar anak. Hasil hipotesis II, hipotesis nol (Ho), jika r hitung < r tabel dengan taraf signifikan (α) 0,05 maka tidak ada hubungan / korelasi yang signifikan antara komunikasi keluarga dan prestasi belajar anak Saran yang diberikan kepada orang tua adalah diharapkan orang tua sesering mungkin selalu berkomunikasi dengan anak, serta keluarga selalu mendukung agar anakanaknya termotivasi dalam belajar sehingga prestasi belajar anak dapat tercapai atau meningkat. Saran untuk anak (siswa-siswi) adalah anak / siswa-siswi diharapkan untuk selalu berinteraksi dengan orang tua. Mengutarakan segala masalah yang dihadapi, tidak malu kalau ada kekurangan yang harus diutarakan. Semakin baik hubungan antara anak (siswasiswi) dengan orang tua, maka semakin mudah untuk mengatasi masalah yang dihadapi anak dan dapat mencari jalan keluarnya, sehingga tercapai komunikasi yang aktif dan bersinergi.

    Item Type: Thesis (Masters)
    Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
    J Political Science > JA Political science (General)
    Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
    Depositing User: muhammad majaduddin
    Date Deposited: 24 Aug 2013 05:29
    Last Modified: 24 Aug 2013 05:29
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/10605

    Actions (login required)

    View Item