REPRESENTASI KEHIDUPAN ANAK INDONESIA DALAM FOTO (Analisis Semiotika Kehidupan Anak Indonesia Dalam Buku Kumpulan Foto Jurnalistik Mata Hati Kompas 1965-2007)

SAKRI GHOZALI, HASAN (2009) REPRESENTASI KEHIDUPAN ANAK INDONESIA DALAM FOTO (Analisis Semiotika Kehidupan Anak Indonesia Dalam Buku Kumpulan Foto Jurnalistik Mata Hati Kompas 1965-2007). Masters thesis, Universitas Sebelas Maret Surakarta.

[img] PDF - Published Version
Download (785Kb)

    Abstract

    Latar belakang pemilihan buku foto jurnalistik Mata Hati 1965-2007 sebagai objek penelitian karena buku foto tersebut merupakan salah satu dari buku foto yang dikeluarkan oleh Kompas, salah satu koran nasional yang menempatkan berita foto dan tulis setara dan berimbang. Melalui buku semacam ini, dapat dipahami lebih jernih tentang apa yang disebut sebagai fotografi jurnalistik dan bukan sebuah buku kumpulan foto biasa yang hanya menyajikan keindahan gambar. Tapi buku tentang visi dan pemikiran yang mengkomunikasikan manusia dan hubungan dengan sesamanya, hubungan dengan alam lingkungannya serta hubungannya dengan sang nasib.(Zoelverdi, 2007) Faktor utama kajian dalam penelitian ini adalah bagaimana suatu pesan dapat diketahui pemaknaannya. Artinya bahwa makna yang terkandung dalam fotofoto jurnalistik dalam buku foto Mata Hati 1965-2007 dapat diketahui pemaknaannya secara tersirat. Pemaknaan dilakukan dari tanda-tanda fotografi yang muncul dari foto tersebut untuk merepresentasikan pemaknaan yang sedang diteliti dalam foto tersebut

    Item Type: Thesis (Masters)
    Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
    J Political Science > JA Political science (General)
    Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
    Depositing User: muhammad majaduddin
    Date Deposited: 24 Aug 2013 05:15
    Last Modified: 24 Aug 2013 05:15
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/10602

    Actions (login required)

    View Item